Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

13 March 2013

Jumlah Siswa, dan Eksistensi Masa Depan Kami

Hari ini, saya bersama teman-teman mencoba untuk melihat bagaimana 'pergerakan' atau pertumbuhan, atau naik serta turunnya jumlah siswa dari tahun ke tahun yang ada di sekolah lain. Ini kami perlukan karena kebetulan kami sedang melihat data dan fakta yang ada di sekolah kami sendiri. 

Yaitu tentag data siswa dari semua kelas dan tingkat sekolah, dari tahun ke tahun. Data yang saya dapatkan dari laporan masing-masing sekolah pada setiap bulan dan tahunnya itu ternyata menyuguhkan sesuatu yang dapat menjadi kajian menarik buat kami.
 
Dan dari pergerakan angka yang tersuguhkan itu, kami coba untuk membuat sedikit hitungan dan analisa. Baik data yang ada pada tahun yang sama maupun data-data yang kami perbandingkan dengan data di tahun-tahun berikutnya. Semuanya menarik perhatian kami bukan main. 

Data jumlah siswa yang kami maksudkan itu.
Oleh karenanya kami mencoba melebarkan data dan fakta dari jumlah siswa yang ada dengan mengambil sampel dari sekolah-sekolah di sekitar kami, yang kami nilai atau ukur sebagai sekolah yang dapat menjadi kompetitor.

Dari data tersebut kami, saya bersama teman-teman, banyak belajar tentang bagaimana menjadi reputasi. Ini penting sekali karena kami adalah sekolah yang dikelola oleh lembaga swasta dengan tidak menggunakan dana selain dana yang diterima dari para orangtua siswa kami. Oleh karena itu, maka reputasi yang baik akan diharapkan mampu menjaga kestabilan jumlah siswa yang ada dari tahun ke tahun. Dan itulah eksistensi masa depan kami.

Jakarta, 13 Maret 2013.

No comments: