Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 March 2013

"Ajaib, Pak Guru Main Gitar!" Kata Siswa Saya

Begitulah komentar dari seorang siswa saya ketika suatu pagi saya berkeliling ke kelas SMP dan mendapat seorang anak sedang bermain gitar bersama temannya yang memperdengarkan sebuah lagu dari alat komunikasi selulernya. Suhu udara di kelas itu tampak dingin sekali. Mungkin anak-anak mengukurnya pada temperatur paling dingin yang ada di remote AC. Tapi tidak menggangu konsentrasi kedua anak itu untuk terus memainkan gitar dan mendengarkan lagu. Saya datang ketika masing-masing anak itu sedang begitu asyiknya.

Saya duduk diantara mereka itu. Bertahap untuk melibatkan diri dalam percakapan mereka. Tak lama kemudian, beberapa teman sekelasnya berdatangan. Dengan tidak lupa membawa foto kopi soal mata pelajaran IPA. Karena memang saat itu sedang ada ulangan tahap akhir mereka di kelas IX.

"Kamu ingin tahu lagu kesukaan Bapak?" Tanya saya memancing percakapan dengan mereka. Saya berharap semoga kalimat pertama yang saya sampaikan itu dapat memancing rasa ingin tahu anak-anak itu. Karena kadang saya sendiri tidak terlalu paham dengan musik. Hanya dengan bantuan internet dan dengar dari orang maka saya mencoba mengetahui berbagai group musik lama yang saat mendunia kala itu, teknologi belum memberikan kesempatan kepada saya untuk mengenalnya.

"Musik jaman dulu ya Pak?" Tanya seorang dari mereka.
"Memang. Tapi sangat bagus. Mungkin termasuk dari group musik legendaris." Jelas saya lebih lanjut.
"Apa itu Pak?"

Maka saya tidak membuang waktu lagi, saat itu saya mengeluarkan seluler saya dari kantong celana dan memilih lagu yang  tidak lagi banyak terdengar di stasiun radio. Keculai mereka yang masa mudanya berada di tahun 80an.

"Main gitarnya enak Pak." Komentar salah seorang dari mereka dan spontan mengambil gitar yang sedang di temannya untuk kemudian mencari kunci dan menemukan pola petiknya. Kami semua mencoba untuk saling memperhatikan.

"Itu group musik lama ya Pak." Komentar yang lain lagi. 

"Betul. Coba, Bapak beritahu bagaimana pola petikan gitarnya." Kata saya meminta izin untuk memainkan gitar itu. Dan meski saya sangat tidak mahir memainkan gitar, tetapi untuk lagu Belladona dari UFO, kebetulan dulu diajari oleh teman. Anak-anak mencoba menunggu bagaimana aksi saya memetik gitar itu. Hingga keluar kata dari mereka; "Ajaib, Pak Guru Main Gitar!" Kata siswa saya itu.

Jakarta, 15 Maret 2013.

No comments: