Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

22 January 2018

Pentas Drama Anak SMP

Pentas Drama dan Musik anak-anak SMPI Tugasku tahun pelajaran 2017/2018 berjudul The Lost History alhamdulilah telah berlangsung dengan sangat menarik dan memuaskan. Pentas itu berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta, yang ada di daerah Pasar Baru, Jakarta,  pada hari Sabtu, 13 Januari 2018. Pentas ini menjadi kerja borongan guru-guru dan seluruh siswa yang ada. Guru bertanggungjawab kepada skenario dan seluruh kegiatan pementasan. Sementara anak-anak menjadi para pelaku dari cerita yang dibuat oleh guru.

Cerita The Lost History, adalah cerita fiksi. Cerita berawal dari tugas sekolah kepada 5 siswa untuk belajar di Perpustakaan dari para guru mereka. Tugas yang kemudian diprotes oleh para orangtua siswa yang kemudian datang ke sekolah untuk berjumpa dengan kepala sekolah dan guru guna menyampaikan keberatannya. Kehadiran lima sekawan tersebut diterima oleh penjaga museum, yang mengajak mereka untuk mengetahui para penemu Muslim yang merupakan cikal bakal bagi pengembangan teknologi yang kita nikmati hari ini.



Para ilmuwan itu adalah; Al Farabi, sebagai penemu not balok musik yang diperankan oleh kelas VIII A, Al Zahrawi sebagai penemu alat bedah operasi di rumah sakit yang diperankan oleh kelas VII B, Al Jazari sebagai penemu dasar pembuatan  mesin yang diperankan oleh kelas VIII B,  dan Sinan sebagai ahli arsitektur yang diperankan oleh kelas VII A.



Kegiatan berkunjung ke perpustakaan tersebut akhirnya mampu memberikan pencerahan kepada anak-anak tentang penemu Muslim di abad kegelapan, yang diramu dalam cerita penuh rasa kemanusiaan, dengan dibalut perebutan kekuasaan antara dua kerajaan, serta tentang ketundukan manusia kepada  Allah Swt semata.



Jakarta, 22 Januari 2018.

No comments: