Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

30 January 2018

Husnul Khatimah

Saya baru saja ditinggal teman istimewa untuk selamanya. Sebelum meninggal ia terlebih dahulu duduk di kursi roda karena kondisi fisiknya yang lemah oleh penyakit. Semoga ia diberi husnul khatimah. Dianugerahi Allah Swt sebuah akhir yang baik.

Berteman di kerjaan saat ia lulus dari Universitas di Jogja pada tahun 1987. Persis pada awal pertumbuhan jiwa saya yang baru berusoa 21 tahun. Dan kemudian menjadi tempat saya bertanya soal agama. Dan dari apa yang dimilikinya, saya memperoleh gambaran keilmuan pada agama. Darinya saya mengenal khasanah ilmuwan yang dapat dijadikan rujukan untuk tumbuh. Dan dialah yang memerikan arah tumbuh itu. Dalam pergaulan kami selama itu. 

Termasuk diskusi hidup sembari makan tongseng keliling di Jalan Anggur, Cilandak, Jakarta Selatan, di dekat rumah kosnya. Atau di Jalan BDN yang sekarang lokasinya telah berubah menjadi lahan apartemen. Semua menjadi bagian dari kebaikannya dalam persahabatan dengan saya. 

Juga ketika saya memutuskan menikah terlebih dahulu dari dia di tahun 1989, dialah yang waktu itu berdasi dan berjas krem muda menjadi mc di rumah Ibu Mertua di Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Juga ketika beliau memantapkan diri sebagai PNS yang khidmatnya pada penelitian. Sebuah lahan yang benar-benar cocok baginya. Cocok dalam semua sisinya. Yang menjadikannya keliling daerah untuk mengumpulkan informasi untuk kemudian diolahnya menjadi kesimpulan. Ranah yang benar-benar jiwanya. 

Dan Allah masih berikan kami berada dalam satu wadah kembali dalam.durasi 5 tahun, ketika kami sama-sama berada di sebuah yayasan. Alhamdulillah bahwa persahabatan kami tumbuh kembali dalam ikatan issu yang sama. Hinggal akhirnya Allah ambil dia.

Selamat jalan sahabat. Semoga kebaikanmu kepadaku selama di dunia ini, menjadi amal solehmu. Amin yaRabbal'alamin.

Jakarta, 30 Januari 2018.

No comments: