Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

19 January 2018

Pantai Karang Pandan

Orang-orang yang datang ke Nusakambangan di wilayah yang boleh dan bebas dikunjungi, yaitu di bagian timur pulau, maka Pantai Karang Pandan yang menjadi tujuan utamanya. Lokasinya, jika merujuk ke peta, berada di bawah Pantai Teluk Penyu atau Benteng Pendem yang berada di dataran Cilacap.
Ini adalah salah satu penampakan karang yang ada di Pantai Karang Pandan yang memiliki hamparan pasir putih menawan.

Untuk mencapai lokasi itu, kita cukup ikut naik perahu yang ada di pinggiran pantai Teluk Penyu. Para tukang perahu akan menawarkan kepada setiap pengunjung untuk pergi ke Pantai Pasir Putih, nama lain dari Pantai Karang Pandan, dengan biaya tiga puluh ribu rupiah untuk berangkat dan pulang.

Dan ketika kita telah sampai di lokasi pendaratan yang menjadi lokasi pengantaran tukang perahu, kita masih perlu melakukan perjalanan di jalan setapak yang ada di dalam Pulau Nusakambangan untuk menuju Pantai Karang Pandan tersebut. Perjalanan membutuhkan waktu lebih kurang lima belas menit. 



Sebelum sampai pantai yang saya sebutkan itu, kita akan terlebih dahulu menemui gerbang besar dari benteng Belanda yang terdapat pada sisi timur Pulau Nusakambangan. Benteng tersebut sekarang tampak kurang perawatan. Ruang-ruang yang ada pada benteng tersebut kotor dan berlumut. Ini adalah link video perjalanan kami di Pulau Nusakambangan;



Jakarta, 19 Januari 2018.

No comments: