Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

22 January 2018

Benteng dan Pantai di Nusakambangan

Saya tidak terlalu paham dengan sejarah benteng Belanda yang ada di Nusakambangan. Tetapi penampakannya, sungguh fungsional di masa perang dahulu. Setidaknya, pihak yang bertahan di Nusakambangan, dapat dengan jelas melihat keberadaan musuh yang datang dari laut lepas, Samudera Hindia. Ini karena ketika kami datang dan berkunjung ke Teluk Penyu yang ada di daratan Cilacap, tukang perahu menawarkan kepada kami untuk menyeberang dan melihat benteng serta pantai putih yang ada di bagian timur Pulau Nusakambangan. Wilayah yang bebas dikunjungi.

Maka ketika kami sudah berada di pantai Nusakambangan, masih membutuhkan perjalanan kaki melalui jalan setapak menuju benteng dan pantai pasir putih yang bernama Pantai Karang Pandan melalui jalan setapak yang tidak beraspal. Maka dengan sandal gunung, saya merasa beruntung dibanding pengunjung lain yang bersandal jepit.

Inilah perjalanan menuju benteng dan pantai;



Dan setelah menempuh waktu berjalan lebih kurang 15 menit melalui jalan berliku yang sebelah kanan dan kiri jalannya dipenuhi lebatnya pohon-pohon khas hutan termasuk batang-batang pohon rotan yang bergelantungan di pohon yang lebih besar, sampailah saya ke pintu gerbang benteng yang ada di Nusakambangan itu. Tampak gagah penampakan dari gerbang benteng Belanda tersebut meski amat tidak terawat.

Sampai di gerbang benteng tersebut, terdapat pilihan untuk menuju benteng pendem atau Pantai Karang Pandan. 

Jakarta, 22 Januari 2018.

No comments: