Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

28 April 2015

Sisi Lain Pertunjukkan Sekolah

Saya harus detil dan cermat dalam melaksanakan pembagian tugas dengan kolega dalam mengawasi siswa kami di kelas 1 SD. Ini karena pada hari tersebut akan ada kegiatan yang sedikit akan menguras tenaga siswa dan juga kami. Sesungguhnya sejak latihan dua pekan lalu, sebelum kegiatan ini berlangsung hari ini. Kegiatan yang harus menuntut kemampuan anak di panggung sekolah. Ya. Kegiatan yang saya maksudkan adalah School Show.

Lalu apa yang membuat kegiatan tersebut menjadi catatan saya? Tidak lain adalah bagaimana kami harus super sibuk dengan siswa-siswa kami untuk menjaga dan mengarahkan mereka semua sehingga kegiatan dapat berjalan bagus, dan siswa juga dapat terkontrol dengan baik. Itulah yang menjadi bagian penting dari tugas kami sebagai guru selain membelajarkan anak-anak.

Kesibukan tersebut juga harus memperhitungkan jadwal yang anak-anak harus lakukan seperti break. Juga bagi kami adalah keberadaan mereka untuk tetap dalam pengawasan sehingga seluruh kegiatan telah kami buat alur waktunya. Tentu ini setelah kami diskusi dengan kolega kami yang berada dalam pararel kelas yang sama.

Lalu bagaimaa dengan waktu untuk kami break?  Karena ini adalah kegiatan yang tidak berlangsung setiap hari, setidaknya dalam satu tahun satu kali kegiatan Pertunjukkan Sekolah tersebut, maka jadwal kami menjadi nomor dua. 

Misalnya, ketika anak-anak dapat didalam pengawasan satu guru, maka pada saat itu pula kami akan bergantian untuk menyelesaikan tugas-tugas kami, seperti makan dan menjalankan ibadah sholat. 

Setidaknya itulah yang saya dapat dari kegiatan sekolah yang melibatkan tidak hanya anak-anak yang sudah mencapai tahapan rileks ketika berada di atas panggung pertunjukkan saja, tetapi juga bagi semua siswa yang ada di dalam kelas  tidak terkecuali.

Dan sisi lain inilah yang membuat saya belajar sesuatu untuk mempraktekkan bagaimana kami berkomitmen dalam pembagian waktu dan kegiatan yang harus dijalani. Ini sisi lain yang tidak akan pernah saya dapatkan ketika masih duduk di bangku kuliah sekalipun.

Jakarta, 17-28 April 2015.

Tidak ada komentar: