Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

05 August 2012

Catatan PLPG 2012 #1, Sebuah Refleksi

Sebagai teman, saya senang sekali menggali pengalaman dari teman-teman yang menjadi bagian dari kuota  sertifikasi guru tahun 2012. Dan langkah berikut dari teman-teman guru yang telah lulus dalam Ujian Kompetensi Awal untuk kuota tahun 2012 ini, adalah mengikuti PLPG. Mereka secara bergelombang mendapatkan undangan pemanggilan untuk mengikuti proses sertifikasi yang diselenggarakan oleh konsorsium. Di lembaga kami, untuk guru-guru yang berada di unit Taman Kanak-kanak PLPG akan diberikan oleh LPTK Negeri yang ada di kota kami. Sedang untuk guru-guru yang ada di unit SD dan SMP diberikan oleh LPTK swasta. Masing-masingnya memberikan cerita dan pengalaman yang sama-sama seru.

Dalam Permen Dikbud No 5 tahun 2012 tentang Sertifikasi pada Guru dalam Jabatan, pada Pasal 4 ayat (1) dijelaskan bahwa; Uji kompetensi awal diikuti oleh peserta sertifikasi yang: 
a. memilih PLPG; 
b. tidak memenuhi syarat kelulusan penilaian portofolio; atau 
c. tidak memenuhi persyaratan untuk memperoleh sertifikat pendidik secara 
    langsung. 

Apa yang dilakukan teman-teman saya yang mengikuti PLPG? Dalam permen yang sama pada pasal 7 dijelaskan:
Guru yang mengikuti PLPG harus menempuh:
a. pendalaman materi;
b. lokakarya (workshop);
c. praktik mengajar;
d. uji kompetensi.

Beberapa Refleksi

Dan  dari sekian banyak teman-teman guru yang telah ikut serta dalam PLPG tahun 2012 ini, saya merasa berbahagia untuk dapat mencicipi kehangatan dan membaranya teman-teman yang telah selesai mengikuti kegiatan itu, serta kembali aktif mengajar di kelas setelah lebih kurang 6 hari kerja meninggalkan kami dan kelas serta siswanya.  
  • Senang sekali Pak, kata hampir semua mereka ketika saya bertanya bagaimana pengalaman selama PLPG. 
  • Saya belajar banyak sekali Pak, Kata yang lain.  
  • Saya kembali semangat Pak, ujar lainnya lagi. Pendek kata, mereka benar-benar telah menempuh proses belajar tentang bagaimana mengajar di kelas. Membahagiakan bukan?

Saya katakan demikian karena banyak sekali momentum dan perististiwa yang disampaikan teman kepada saya dengan raut muka penuh semangat. Dan untuk mengikat itu semua dalam ingatan, saya mencoba untuk membuatnya dalam artikel refleksi ini. Semoga menjadi kenangan pengiring ke arah guru yang terus berupaya meningkatkan harga diri.

Refleksi itu antara lain adalah bagaimana temannya teman-teman yang menjadi peserta itu antaralain ada yang masih gamtek, atau gagap teknologi. Juga bagaimana mereka harus bekerja penuh semangat dan efektif karena hasil kerja harus benar-benar tuntas pada waktu tertentu, atau kejar tayang. Dan juga karena mereka dalam kelompok kerja yang berbeda kemampuan, maka diantara mereka dituntut untuk mengembangkan bagaimana mereka harus berempati.

Jakarta, 01-05 Agustus 2012.

No comments: