Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

23 August 2012

Mudik #6; Lebaran adalah Waktu yang Tepat untuk Reuni

Sebuah pertemuan kecil di Bekasi, Jabar, sekitar Februari 2012.
Dalam kurun waktu liburan Lebaran, dimana arus mudik luar biasa tinggi, maka kegiatan yang hampir selalu saya dan teman-teman sesama alumni sekolah pendidikan guru (SPG) yang ada di kota Purworejo adalah temu kangen atau lazim kita sebut sebagai reuni. Meski bukan reuni akbar sebagaimana para alumnus dari sekolah-sekolah basar yang memasang iklan di media massa, pertemuan yang kami lakukan biasanya atas prakarsa teman-teman yang mudik. Sedang teman-teman yang tetap berdomisili di kota dimana kami bersekolah, akan menjadi bagian yang mempersiapkan segala hal untuk kelancaran pertemuan tersebut.

Bahkan, ada satu angkatan dari kami yang memang selalu menyepakati waktu dan tempat reuni itu satu tahun sebelum kegiatan itu berlangsung. Kesepatakan ini dibuat pada saat mereka bertemu pada tahun sebelumnya. Biasanya, mereka bersepakat akan bertemu setiap tanggal 5 Syawal pada setiap tahunnya. Kegiatan pertemuan selalu mengambil tempat di rumah masing-masing alumni secara bergantian. Seperti acara arisan layaknya. Seru bukan. Dan memang, kegiatan seperti ini hanya sukses jika berbarengan dengan waktu libur Lebaran. Karena hanya waktu itu yang paling mungkin menjadi magnet bagi seluruh atau setidaknya sebagian besar alumni untuk datang ke kampung halamannya. 

Dan pada tahun ini mereka akan berkumpul pada hari ini, Kamis, tanggal 23 Agustus 2012. Sebagaimana yang mereka tulis sebagai pengingat bagi kita semua di dinding jejaring sosial. Dan meski mereka diikat oleh tahun kelulusan yang sama, mereka tetap membuka diri untuk kehadiran angkatan atau tahun kelulusan yang berbeda. Maka bertambah seru saja pertemuan-pertemuan yang mereka lakukan. 

Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini pulalah yang sering menjadi pendorong bagi saya sendiri untuk memutuskan harus mudik di Lebaran. Meski pernah suatu kali anak kedua saya berkomentar: " Kita ngak usah ada yang ikut, ayah reuni kan mau ketemu mantan?". Dan sepertinya, anggota keluarga saya yang lainnya menyetujui pendapat anak kedua saya. Meski itu semua tidak seperti apa yang mereka bayangkan.

Karena pada kenyataannya, dalam setiap pertemuan yang sayua ada di dalamnya, kita seru untuk selalu berdiskusi tidak saja tentang pengalaman bersama ketika masa sekolah dulu. Tetapi juga tentang bagaimana kita punya pengalaman masing-masing di lapangan perkerjaan kita sekarang.

Jakarta, 23 Agustus 2012.

No comments: