Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 August 2012

Buka Puasa Bersama

Dalam cerita yang saya tulis sebelumnya dengan judul Rapat Siswa di Plasa Sekolah sebagai Hasil Belajar dengan link; http://www.aguslistiyono.blogspot.com/2012/07/siswa-rapat-di-plasa-sekolah-sebuah.html, saya menceritakan bahwasannya ada beberapa anak di satu kelas yang berkobar-kobar keinginannya untuk mengadakan buka puasa bersama dengan semua teman yang ada di kelas itu. Mereka adalah anak-anak yang duduk di bangku kelas lima sekolah dasar dimana saya bekerja. Menyenangkan melihat mereka mengadakan rapat sepulang jam sekolah di plasa yang sekolah punyai. Masing-masing berkehendak agar usulannya dapat dijadikan keputusan. Mulai dari waktu pelaksanaan dan juga lokasi yang akan digunakan sebagai tempat.

Dan beberapa hari setelah kegiatan rapat yang mereka lakukan, yang kebetulan saya sendiri mengikuti meski hanya sebagaiannya, saya bertemu dengan salah seorang dari siswa kelas tersebut untuk menanyakan bagaimana perkembangan dari rapat  yang mereka lakukan. Dari anak tersebut saya mengetahui bahwa pelaksanaan buka puasa bersama atau ifthor jama'i, di undur karena ada beberapa anggota kelas yang harus mengikuti program kegiatan orangtuanya. Alhasil, saya tidak bertanya lebih lanjut selain kapan lagi waktu yang mereka sepakati. Namun seorang peserta buka puasa bersama yang lain memberikan informasi kepada saya bahwa, mereka telah menyepakati  salah satu dari hari sekolah sebagai hari pengganti. Juga lokasi kegiatan. Mereka akan mengadakan kegiatan itu mulai sekitar pukul empat di sebuah rumah makan.

Tidak Diizinkan, dan Menangis

Beberapa hari kemudian setelah hari yang mereka sepakati berlalu, saya kembali bertanya kepada pemrakarsa kegiatan kelas yang seluruhnya dirancang oleh siswa itu. Bagaimana perkembangannya? Sebuah rasa ingin tahu yang kalau remaja sekarang memberikan istilah kepo (knowing every particular object?). Tetapi untuk sebuah kelengkapan dari rangkaian cerita, maka rasa ingin tahu itu bukan menjadikan sesuatu yang norak bagi saya. Dan alhamdulillah, rangkaian kisah itupun berhasil saya sampaikan disini.

  • "Semula, sepulang sekolah saya benar-benar tidak mendapat izin dari Mama untuk hadir di kegiatan buka puasa bersama itu Pak. Tapi saya ikir itu tidak mungkin. Karena saya yang pertama kali mengajak teman-teman untuk dapat berbuka puasa bersama. Jadi saya harus datang." Katanya. 
  • "Kata mama saya, karena Papa dan Mama sudah janji dengan temannya untuk berbuka puasa bersama terlebih dulu."
  • "Terus, bagaimana sehingga kamu benar-benar berhasil mendapat izin dari Mama?" Selidik saya. 
  • "Saya memaksakan agar Mama memberikan izin. Dengan pura-pura menangis sambil menelepon!"
  • "Alhamdulilah Pak, Mama akhirnya memberikan izin kepada saya untuk datang."
Dari kisah ini, saya mendapat pelajaran tentang banyak hal. Dan pelajaran itu, setidaknya dapat menjadikan saya yang selain sebagai guru di sekolah, juga adalah orangtua di rumah. Dalam posisi itulah saya melihat bahwa kegiatan Buka Puasa Bersama yang dirancang anak-anak di kelas lima itu, sungguh sebuah fagmen tentang sebuah hasil belajar.

Jakarta, 15 Agustus 2012.

No comments: