Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

11 August 2012

Catatan PLPG 2012 #4, Penjadwalan

Menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah atau tanggal Masehinya 16 Agustus 2012, yang kebetulan juga bersamaan dengan menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, Jadwal PLPG untuk dua LPTK penyelenggara di Jakarta akan selesai untuk sementara. LPTK swasta memang benar-benar telah berakhir kecuali bagi teman-teman peserta PLPG yang belum lulus dan harus mengulangnya, Sedang untuk LPTK Negeri masih akan ada satu gelombang PLPG lagi, yang akan berlangsung setelah hari libur Idul Fitri, tepatnya 31 Agustus hingga tanggal 7 September.

Sebagai penjaga gawang di sekolah, saya sesungguhnya tidak begitu berkepentingan dengan penjadwalan teman-teman yang akan ikut PLPG selain dari pada bagaimana mengatur secara bergantian guru-guru yang ada untuk untuk menggantikan mengajar jam pelajaran yang ditinggal guru-guru yang mendapat jadwal PLPG. Ini karena sekolah dimana saya berada di dalamnya adalah sekolah swasta yang harus mandiri. Oleh karenanya dengan teman-teman yang ikut serta PLPG, pelayanan kepada seluruh peserta didik yang ada tetap harus maksimal.

Dan alhamdulillah dari beberapa periode PLPG yang ada, dan dari kuota guru yang harus ikut serta dalam PLPG, hingga sebelum rehat lebaran ini, dapat berjalan lancar. Mengingat penjadwalan dari LPTP pelaksana yang bergelombang teratur. Tidak seperti di sekolah swasta lain, dimana teman saya mengabdikan diri, yang harus sedikit kelabakan karena setiap gelombang PLPG terdapat empat atau lima guru yang ikut serta. Dan jika dalam satu pekan setiap gurunya itu mengampu sebanyak 24 jam tatap muka, bisa dibayangkan bagaimana kepala sekolah harus mencari guru lain untuk menggantikan 94 hingga 120 jam tatap muka dalam tempo satu pekan?

Ini semua karena pengaruh penjadwalan kepesertaan PLPG yang saya kira menjadi tanggung jawab dari LPTK penyelenggara. Terlebih, informasi penjadwalan PLPG baru di up load satu hingga tiga hari saja melalui web site masing-masing LPTK itu sebelum hari pelaksanaan.

Dan itulah yang akan kami almi nanti setelah liburan lebaran ini. Dimana untuk enam hari sekolah, enam guru kami akan bersamaan mengikuti PLPG dengan meninggalkan lima kelas yang ada bersama lima guru yang tersisa. 

Sadisnya lagi, penjadwalan itu juga kami dapatkan ketika lokasi sekolah kami berada dalam satu kota dengan lokasi dimana LPTK penyelenggara berada. Keberuntungan akan kedekatan lokasi ini memungkinkan kami melihat penjadwalan PLPG itu melalui papan pengumuman langsung. Mengapa belum juga di up load di web LPTK bersangkutan? Mungkin plesetan; kalau bisa dipersulit mengapa harus dipermudah?

Seru bukan? Lebih seru lagi kalau ternyata diantara beberapa peserta itu ada yang bertugas di pulau Sumatera, Bangka Belitung, bahkan Maluku? Bagaimana mereka bisa sampai ke lokasi PLPG yang ada di Pulau Jawa hanya memiliki waktu tiga atau empat hari sebelum pelaksanaan? 

Dan dari penjadwalan ini saja, sedikit banyaknya saya secara pribadi dapat menilai tentang bagaimana etos kerja sebuah LPTK penyelenggara PLPG tahun 2012 ini. Tentunya tanpa sediktpun mengurangi penghargaan saya terhadap kualitas materi PLPG yang nantinya akan didapat para peserta yang diantaranya adalah teman-teman saya yang sebagai guru.

Jakarta, 11 Agustus 2012.

No comments: