Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

22 Maret 2011

Konferensi Siswa


Konferensi Siswa, atau dalam istilah yang baku disebut sebagai student led conference (SLC) atau dikenal juga sebagai konferensi tiga arah, adalah model penerimaan rapot siswa yang saat ini kami laksanakan di Sekolah Islam Tugasku, sekolah dimana saya ada dan menjadi bagian di dalamnya. Kami insyaAllah akan melakukannya lagi untuk Penerimaan Rapot Tengah semester dua tahun tahun pelajaran 2010/2011 ini.

Belum semua unit dan tingkat kelas dapat kami lakukan. Sebagai bagain dalam pembelajaran kami sendiri, siswa dan juga orangtua siswa, untuk tahun pelajaran ini kami lakukan bagi kelas 4 SD hingga kelas 9 SMP. Ini adalah pelaksanaan untuk kali yang kedua, setelah sebelumnya, pada pertengahan semester satu tahun pelajaran ini juga, untuk kali yang pertama.
 
Dalam konferensi siswa, maka siswa akan menjadi aktor utama dalam perjalanan belajarnya sepanjang setengah semester sebelumnya. Dan kemampuannya tersebut diwujudkan dalam mempresentasikan hasil belajar setengah semesternya kepada pihak orangtua.

Oleh karenanya siswa akan memimpin ‘konferensi’ tersebut dalam bentuk presentasi tentang apa yang sudah diraih dan diikhtiarkan dan juga apa yang akan diusahakannya di masa berikutnya. Juga mungkin kendala dan harapan. Guru akan memberikan bantuan seperlunya. Peran guru sebagai moderator konferensi. 

Dalam konsep ini, siswa sebagai pemeran utama, berlatih menjadi diri yang bervisi, bekomitmen, dan mandiri serta berani. Sedang pihak orangtua akan menjadi partner anak dalam menuju cita-citanya. Oleh karenanya sikap positif orangtua terhadap anak, sangat dituntut dalam suksesnya kegiatan ini. Perlu disampaikan lagi disini bahwa, nilai atau angka akademik bukanlah satu-satunya hasil belajar. Tetapi salah satu dari kompetensi yang harus siswa miliki. Untuk itulah maka kita harus memberikan apresiasi terhadap apa yang telah diikhtiarkan siswa dengan sungguh-sungguh. 

Sebagai catatan bahwa, kami, guru dan kepala sekolah yang ada di lingkungan sekolah Tugasku, bersepakat untuk menjadikan Konferensi Siswa sebagai kegiatan penerimaan rapot di tengah semester. Untuk itu, kami menyepakati jadwal pelaksanaannya untuk tahun pelajaran 2011/2012 sebagai berikut:
  • Pertengahan Semester 1 (Oktober 2011) dilaksanakan oleh:
  • SD kelas 2-Kelas 6,
  • SMP kelas 7-Kelas 9.
  • Pertengahan Semester 2 (Maret 2012) dilaksanakan oleh:
  • TK Kelas B,
  • SD Kelas 1- Kelas 6,
  • SMP kelas 7-9.
Pelaksanaan Konferensi Siswa pada semester dan tahun depan sebegai bentuk peningkatan kompetensi siswa sebagai persiapan masa depannya di kelas kemudian hari. Semoga kegiatan ini selalu mendapat pertolongan dan keberkahan dari Allah. Amin.

Jakarta, 22 Maret 2011.

Tidak ada komentar: