Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 Februari 2016

Tentang Jabatan

Dalam catatan ini, saya akan menjelaskan tentang jabatan yang saya maksud. Bahwa sebagai orang yang bekerja di lembaga pendidikan formal, atau sekolah, maka jabatan yang saya maksudkan adalah jabatan yang ada di lingkungan sekolah. Memang tidak akan banyak jenis jabatan yang ada di sekolah karena sekolah merupakan lembaga yang tidak terlalu ruwet terhadap jenjang jabatan yang tersedia. Meski itu adalah sekolah swasta.

Selain guru atau pendidik, maka ada jabatan struktural di atasnya berupa Guru Koordinator di setiap pararel atau rumpun pelajaran yang ada, selain juga ada Wakil Kepala dan Kepala Sekolah. Jadi terlalu sempit jika jabatan yang menjadi ukuran sukses karier seseorang.

Tetapi itu semua menjadi terbuka jika ada diantara kami yang begitu antusias dalam mengejar kepandaian. Baik sisi kematangan sosial maupun sisi profesionalisme seperti kepandaian guru dalam membuat pembelajaran di dalam kelas. 

Dan kepada guru-guru dengan model seperti itu, jabatan bukan menjadi dorongan utamanya untuk terus maju. Lalu jabatan akan menghampirinya secara suka rela. Bahkan teman dari sekolah lain memesan dengan santun akan kiriman teman terbaik saya yang saya [punya untuk menduduki posisinya di sekolah formal yang mengelola lebih kurang 250 tenaga pendidik dan kependidikan. Sebuah lembaga [pendidikan yang mengelola jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak hingga jenjang SMA.

Jakarta, 15 Februari 2016.

Tidak ada komentar: