Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

22 Februari 2016

Berbagi Halaman Buku

Berulang-ulang saya membolak-balik halaman buku yang menurut saya keren luar biasa. Dan dari beberapa kali membaca sekilas tentang buku itu, saya semakin penasaran untuk mempromosikan kepada teman-teman guru. Tujuannya hanya satu, supaya guru-guru dapat menerima vibrasi yang sama dengan saya berkenaan dengan apa yang disampaikan di buku itu. 

Beberapa kali saya sudah berusaha untuk membawa buku itu di hadapan guru-guru dan mengambil satu halaman sebagai 'kompor'. Namun belum berhasil juga membawa guru-guru itu pada demensi sebagaimana yang saya harapkan. Bahkan satu halaman itu saya sampaikan dalam bentuk cerita dan mencoba memaknai dalam tataran lokal. 

Mimpi saya padahal hanya satu, jika ini berhasil, maka saya akan meminta guru-guru untuk mengupas bagian-bagian dahsyat lainnya dari buku itu. Yang bagi seorang guru akan menjadi bahan luar biasa untuk memiliki keterampilan mengajar berbasis aktivitas yang aktif, kreatif, dan mencerdaskan. Dan, menurut hitungan saya, jika guru-guru itu interaksinya keren di dalam kelas, maka ujungnya adalah pada peningkatan kecakapan anak atau peserta didiknya. Tapi bagaimana?

Hingga akhirnya saya teringat akan sebuah aktivitas bersama mereka ketika kami mendapat buku tentang Bully Free Classrom beberapa waktu lalu. Dimana guru kami bagi dalam kelompok sesuai dengan bab yang terdapat dalam buku tersebut. Dan kepada masing-masing kelompok untuk dijadikan bahan diskusi dan sekaligus sebagai bahan buat masing-masing kelompok untuk presentasi kepada kita semua. Maka ketika semua kelompok selesai mendramatisasikan setiap bab yang ada di buku itu, kami semua belajar dengan utuh apa yang dmaksud dari isi buku tersebut. 

Inspirasi itulah yang akhirnya kami gunakan untuk kami gunakan sebagai strategi bagi 'memiliki' isi buku yang super duper bagus buat kami yang ada di dalam kelas. Yaitu berbagi halaman buku kepada teman-teman yang kami bagi dalam kelompok. Dimana masing-masing kelompok nantinya cukup belajar tentang satu hal yag terdapat dalam buku tersebut. Lalu masing-masing akan mendapat kesempatan untuk bergantian dan saling menyampaikan 'presentasi'. Semoga. 

Jakarta, 22.02.2016.

Tidak ada komentar: