Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

29 September 2014

Adrenalin Rasa Kampung

Mungkin istilah ini agak aneh ya. Tapi saya secara pribadi merasakan berulang ketika sebuah keinginan nyaris saya tunaikan. Yaitu, ada gejala adrenalin saya bergejolak manakala ketika saya merencanakan, menentukan, dan memutuskan untuk mudik atau pulang kampung. Karena hanya saya yang merasakan perasaan seperti itu di dalam keluarga saya, maka saya sendiri paling cocok menyebutnya sebagai adrenalin rasa kampung.

Seperti apa gambaran rasa itu? Tentu berbeda ketika kita berada dalam perahu karet dan menyusuri arus sungai yang berbatuan, serta sekali-kali harus terciprat air yang tidak lagi bening itu. Beda sekali. etapi indikator rasanya benar-benar saya rasakan. Yaitu semacam kegembiraan yang meluap. Utamanya ketika saya sebutkan tadi, keinginan itu telah menjadi rencana pasti. Maka tidak ada rasa lelah sedikitpun di kala seperti itu dalam membuat persiapan, termasuk didalamnya menentukan barang-barang yang harus kami bawa serta.

Dengan sarana apa saja mudik saya, rasa itu selalu menyertainya. Bahkan kadang satu ekan sebelum keberangkatan pun, rasa itu sudah mengaduk-aduk. Yang kadang membuat saya sendiri kurang berkonsentrasi meski saya masih berada di bangku kerja. Jadi ternyata begitu besarnya pengaruh dari adrenalin kampung terhadap metabolisme diri saya.

Bahkan, jika sekarang waktu kejadian itu masih berada pada H-, tetapi seluruh pikiran tentang kampung menyelusuf seluruh sendi di badan saya dengan aura kebahagiaan. Dengan seperti itu, maka seluruh sisi di depan saya memberi pancaran pengharapan yang luar biasa dahsyat.

Itulah yang saya rasakan pada hari-hari ini.

Jakarta, 29 September 2014.

Tidak ada komentar: