Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

05 Mei 2014

UN 2014 #2; Menebak Misteri

Ahad, 4 Mei 2014, pukul 18.30, saya mendapatkan kiriman foto dari kepala sekolah setelah mengikuti breafing di sanggar berkenaan dengan revisi aturan Ujian Nasional SMP yang akan berlangsung pada Senin, 5 Mei 2014 esok harinya. Ujian Nasional masih akan berlangsung pada H-1. Saya coba buka, tetapi tidak atau kurang bermakna, sehingga saya menutup kembali foto yang teah saya buka. Meski di zoom, foto itu tetap kurang terbaca. Saya pun segera bersiap dengan kegiatan rumah yang lain di ujung akhir pekan tersebut.

Senin, 5 Mei 2014, menjelang pelaksanaan UN pada pukul 07.30, saya bertemu kepala sekolah di halaan depan sekolah ketika jam masih menunjukkan pukul 05.20. Kembali berita tentang apa yang telah disampaikan sebelumnya berkenaan dengan revisi aturan pengerjaan soal disampaikan. Tetap saja saya tidak terlalu memahami apa yang disampaikan tersebut. Hingga kami sampai di ruangannya, dan juga disampaikan lembaran aturan revisi yang dimaksudkan.

"Kami kemarin dipusingkan dengan ketentuan revisi berkenaan dengan soal yang DISAMPUL dan soal yang TIDAK BERSAMPUL. Ini adalah aturan tambahan yang benar-benar baru kali ini kami semua alami dalam pelaksanaan UN SMP. Oleh karenanya kami benar-benar bingung dan dihantui misteri." begitu kepala sekolah bercerita kepada saya. Pelan-pelan  saya mencoba memahami apa yang maksud dengan DISAMPUL dan TIDAK BERSAMPUL. Dan tentunya dengan ada misteri di balik aturan baru dan tambahan tersebut yang sepertinya ujug-ujug datangnya.

Dan karena UN hari ini untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia itu sedang berlangsung, dan posisi saya berada di luar ruangan ujian, maka misteri itu belum saya dan teman-teman dapati.

Namun sekedar membagikan kebingungan, berikut saya sampaikan aturan tersebut: 
Aturan tambahan yang membuat sedikit bingung buat kami.

Jadi, siswa mengerjakan soal UN No. 1-50 dengan melihat aturan ini.


Jakarta, 5 Mei 2014.

Tidak ada komentar: