Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 November 2018

Menilai Paparan Infografis Hasil Survey Siswa

Selama dua hari di pekan ini, Tepatnya pada Selasa, tanggal 13 dan Rabu, tanggal 14 November 2018, saya mendapat tugas tambahan dari Guru di SMP untuk mendampinginya memberikan panilaian kegiatan akhir dari LIVE in yang telah berlangsung pada Selasa, 30 Oktober hingga Kamis, 1 November 2018. Kegiatan penutupnya merupakan kegiatan presentasi hasil survey yang dilakukan anak-anak peserta LIVE in di Desa Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ini mejadi tugas yang menantang dari guru. Dan setelah mendengarkan, menyimak, mempertanyakan, dan juga menanyakan kepada seluruh siswa yang mempresentasikan hasil survey mereka dalam kelompok melalui infografis yang dibuatnya, saya menjadi semakin kagum atas kompetensi yang mereka punyai. Sekaligus mensyukuri bahwa anak-anak rata-rata memiliki kemampuan berkomunikasi dan juga penyelesaian masalah. Dan untuk itulah, saya merasa senang sekaligus bangga.



Misalnya, ketika saya bertanya kepada salah satu anggota tentang cara membuat infografis hasil surveynya. Misalnya tentang aplikasi yang digunakan untuk membuat infografis mereka. Ada yang menggunakan program komputer yang memang sering kita pakai sehari-hari. Tetapi juga ada kelompok yang membuatnya dengan telepon selularnya. Dijelaskan bahwa mereka bertanya via google untuk membuat presentasi dalam bentuk grafik di smart phone-nya. Dengan bekal informasi tersebut, diunduhlah aplikasi yang dimaksud untuk kemudian digunakannya sebagai proses menyelesaikan tugas akhirnya. Hebat. 

Juga beberapa jawaban yang orisinil saya dengar dari mereka. Baik yang berupa kesan ketika hidup bersama orang di kampung di Desa Pulosari, atau juga filosofi bersyukur. Alhamdulillah.

Jakarta, 16 November 2018

No comments: