Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 November 2018

Membuat Wadah untuk Penumbuhan

Saya ingin menggunakan kosa kata yang pernah digunakan oleh Pak Anies Baswedan ketika beliau menjadi Menteri di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ketika berbicara tentang karakter. Yaitu menumbuhkan karakter baik dan bukan menanamkan. Jadi saya menggunakan kata penumbuhan dan bukan penanaman untuk sebuah sikap dan perilaku yang diinginkan dari seorang peserta didik. Lalu apa yang saya maksudkan dengan wadah? Yaitu tempat, lokasi, area. 



Maka ketika saya mengatakan betapa pentingnya sebuah wadah atau area bagi penumbuhan mental berprestasi, maksudnya tidak lain adalah perlunya kebutuhan sebuah lokasi dan arena bagi penumbuhan sebuah kebiasaan yang positif.



Inilah yang terjadi di sekolahan dimana saya berada pada sore ini, Jumat, 16 November 2018, dimana guru-guru merancang kegiatan kolaborasi antara Taman Kanak-kanak dengan siswa kelas VIII yang tergabung dalam Organisasi Intra Sekolah atau OSIS.



Jakarta, 16 November 2018.

No comments: