Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

06 November 2018

Manado

Datang ke Manado? Dulu tidak menjadi bayangan untuk saya. Karena memang untuk tujuan apa datang ke Manado, menjadi hal mendasar buat saya. Karena ke datangan ke tempat-tempat yang ada di beberapa daerah, yang menjadi tujuan utamanya adalah untuk suatu pekerjaan. Sementara Manado, menjadi salah satu kota yang tidak ada jaringan buat saya. Maka ketika bertemu alamat kontak dengan teman lama ketika kami berada di masa muda duu di Purworejo, niatan untuk bisa berkunjung ke Manado tidak menjadi hal yang terlalu saya agendakan.
Makan ikan mujair bakar di warung makan dekat Bandara Samratu Langi, Manado. Dengan lumuran sambal dabu-badu yang didominasi warna merah pedas!

Dan suatu yang tidak teragendakan tersebut akhirnya terbayang akan terjadi ketika sahabat lama, yang ada di kota Gorontalo,  meminta saya untuk datang ke sekolahannya guna memberikan penuturan tentang pengalaman selama saya menjadi guru di Jakarta kepada mereka dan teman-temannya sepanjang dua hari dan tujuh sesi penuturan. Dan kesempatan itu menjadi terbuka buat saya.

Daryanto, nama sahabat saya di Manado, mengajak saya untuk berfoto di trotoar jalan yang menjadi ikon kota Manado, Jembatan Soekarno.

Yang pertama kali saya kontak ketika saya benar-benar akan berangkat ke Gorontalo adalah jaringan peta yang ada Sulawesi bagian utara. Saya mencoba mencari jawaban atas pertanyaan saya tentang bagaimana jalan menuju Manado dari Gorontalo dengan waktu yang ada pada saya tidak lebih dari 24 jam. Lalu setelah benar-benar memungkiinkan, maka jalan udara menjadi pilihan saya, setelah sebelunya mencoba mempertimbangkan saya akan memilih jalan dasat dari Gorontalo menuju Manado. 

Setelah semuanya positif, maka teman lama saya yang sudah berada di Manado tidak kurang dari 30 tahun lamanya, untuk menyampaikan keiginan saya datang ke Manado. Bersyukur bahwa saya benar-benar menjadi tamu di rumah teman saya yang telah lebih kurang 34 tahun berpisah.

Jakarta, 6 November 2018.

No comments: