Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

19 November 2018

Ada Happy Camp di TK


Jumat, 16 November 2018, ada yang berubah di tempat kerja saya. Hall dan lapangan sekolah yang biasa untuk lokasi anak-anak berolahraga atau bermain saat istirahat, pada hari itu menjadi lokasi bermain, outbond, dan berkemah. Lay out dan properti di lolasi itu menjadi seperti lokasi perkemahan. Tentu ini menjadi pemandangan aneh sekaligus menari untuk anak-anak ketika pagi hari mereka datang ke sekolah. Dan karena terdorong oleh rasa penasarannya, maka tidak sedikit anak-anak yang memasuki area dimana 'perkemahan' akan digelar.


Ini tidak lain karena siswa di TK melaksanakan kegiatan belajar luar kelas yang berupa HAPPY CAMP 2018. Acara dimulai dari pembukaan dengan berbalas pantun selayaknya upacara buka palang pintu di adat Jakarta. Kemudian berlanjut dengan kegiatan senam bersama di hall, dan masuk pada kegiatan inti berupa outbond, bermain angklung, dan yang tak kalah istimewanya adalah belajar memasak dari orangtua siswa.


Khusus untuk kegiatan anak-anak di kelompok TK B ada aktivitas anak TK yang berkolaborasi dengan anak-anak OSIS di SMP, dimana kakak-kakak OSIS menjadi mentor dalam belajar kemandirian kepada adik-adik TK. Anak TK dibagi dalam enam kelompok, anak-anak akan belajar secara bergantian tentang merapikan tempat tidur, membuat omelet dan roti panggang, melipat pakaian dan meletakkannya di lemari pakaian, membersihkan kaca jendela, menyeduh teh manis, serta bernyanyi. Ketika kegiatan merapikan tempat tidur kakak OSIS memandu adik-adiknya untuk; memasang sarung bantal, merapikan sprei, dan melipat selimut tidur. Juga ketika menyeduh teh manis, kakak OSIS memandu adik-adiknya untuk menuangkan air panas dan gula serta teh celup sebelum teh dihidangkan.
Kegiatan yang sederhana ini memungkinkan anak-anak di TK belajar berbagai hal kemandirian sehari-hari. Sementara untuk kakak OSIS SMP, aktivitas menjadi tutor bagi adik TK juga menjadi wahana bagi mereka belajar. Esok harinya masih ada kegiatan olah raga yang menggunakan lokasi parkir di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas. Yaitu olahraga lari dan senam.

Jakarta, 19 November 2018.

No comments: