Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

03 Agustus 2017

Bapak Baca Buku Apa?

Mengisi waktu kosong di kelas atau menjelang Shalat berjamaah, atau juga ketika anak-anak telah usai tilawah bersama, dengan membaca cerita,  menjadi bagian dari kegiatan saya untuk mengenal peserta didik yang ada di level Taman Kanak-Kanak, SD atau SMP. Meski kegiatan ini bukan kegiatan saya harus, tetapi hampir selalu dua atau bahkan empat kali saya lakukan di setiap pekannya. Saya bersyukur, karena dengan demikian saya menjadi lebih mengenal anak-anak itu yang selalu berganti pada setiap tahunnya, dimana akan ada yang lulus dan akan ada yang menjadi siswa baru. 

Namun untuk lebih konsisten, saya menambah intensitas membaca cerita itu. Terutama di level SD dan SMP. Bahkan untuk dua pekan yang ada ini, hampir selalu saya membacakan buku sebelum Shalat berjamaah dimulai. Oleh karenanya anak-anak akan menagih untuk dibacakan buku begitu mereka bertemu saya di koridor Musholah.

"Bapak baca bukunya apa Pak?" Demikian seorang siswa saya yang duduk di kelas V SD seusai saya menyelesaikan bacaan cerita di depan. Pada saat itu saya membacakan buku Martin Lings tentang Muhammad pada bagian Menemukan Kembali Sesuatu yang Hilang.

"Ini buka yang Pak Agus bacakan tadi. Jadi sudah ada empat bagian ya yang telah Pak Agus bacakan dari buku ini." Kata saya memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan. Hari itu kemudian kami lanjutkan kegiatan sekolah yang lain. 

Hingga suatu pagi ia kembali datang di ruangan saya untuk memastikan buku yang saya baca di hadapan teman-temannya sebelum sholat berjamaah dimulai di Musholah. "Pak Agus, saya ingin tahu buku yang kemarin Pak Agus baca. Bukunya seperti apa ya Pak. Saya ingin cari di toko on line." Katanya ketika bertemu saya di hall sekolah di pagi hari masih dengan tas sekolahnya. Waktu itu masih pukul 06.45.

Jakarta, 3.08.2017

Tidak ada komentar: