Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

30 August 2017

Bapak Suka Jalan-Jalan ya?

Di koridor lantai sekolah, disaat istirahat pagi sedang berlangsung, datang kepada saya seorang siswa kelas V SD yang usai dari kantin sekolah yang ada di lantai dua, bertemu dengan saya. Saya kebetulan memang sedang istirahat dan menemani siswa yang sedang berada di koridor tersebut. Saya berada di koridor itu bersama dengan seorang guru SMP yang kebetulan sedang menunaikan tugas piket.

"Bapak kok ada di sini? Bukannya tadi saya melihat Pak Agus berada di kantin sedang makan?" Begitu pertanyaan anak kelas V tersebut sembari mendekat ke kami yang sedang duduk di kursi putih panjang. Benar bahwa kami sebelumnya bertemu di kantin ketika saya harus sarapan dan si anak tersebut juga melakukan hal yang sama. Tetapi karena saya datang ke kantin lebih dulu, maka saya segera menuju ke lantai tiga karena bermaksud menemui seorang guru.

"Benar. Karena Pak Agus ingin berdiskusi dengan Pak Guru yang kebetulan mengajarnya di kelas yang ada di lantai tiga. Dan kamu, apakah telah selesai dengan kebutuhanmu di kantin?" Jawab saya yang tetap pada posisi duduk kami.

"Sudah Pak. Aku tadi hanya membeli jagung manis Pak. Nanti siang baru makan pas istirahat sebelum shalat." Begitu penjelasan anak tersebut. Ia kembali ke kelasnya tidak bersama teman-temannya. Ia hanya sendiri ketika berjumpa dengan saya.

"Bapak suka jalan-jalan ya." Katanya lagi. Pertanyaan yang membuat saya sendiri kurang merasa jelas arah yang dia ingin tahu tentang saya.

"Apa maksudnya jalan-jalan? Maksudnya jalan-jalan ke luar kota? Piknik?" Balas saya sedikit bingung dan menebak arah pertanyaan yang disampaikan.

"Ia jalan-jalan. Tadi saya kan dari kantin dan bertemu Pak Agus. Tetapi ketika saya akan kembali ke kelas saya bertemu lagi dengan Pak Agus di sini? Jadi Bapak suka jalan-jalan kan?" Jelas anak itu lebih detil. Saya menjadi faham apa yang dia maksudkan.

"Pantesan, saya sering lewat di depan ruang kerja Pak Agus dan jarang melihat Pak Agus ada di ruangan. Saya sering bertemu dengan Bapak justru di luar ruangan Bapak kerja?" Kata anak tersebut. Pertanyaannya, menyiratkan kepada saya bahwa peserta didik saya yang satu ini telah memberikan perhatian kepada saya. Setidaknya telah memberikan satu penilaian tentang saya. Terimakasih.

Jakarta, 30 Agustus 2017.

No comments: