Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

17 May 2016

Fat Pack

"Pak, Saya ingin menyampaikan kalau Put telah mengejek saya di lapangan Pak. Ini dia lakukan sudah lebih dari dua kali. Atau bahkan berulang-ulang." Demikian laporan yang disampaikan seorang siswa kelas VI kepada saya di depan ruangan kerja ketika kami bertemu di koridor. Saya tidak tahu apakah memang anak itu datang ke ruangan saya dengan tujuan memang akan menyampaikan keluhannya itu atau kebetulan kami bertemu dan berpapasan di koridor depan ruangan kerja saya?

Kedatangannya di koridor tersebut bersama Put itu sendiri dengan disertai dua teman lainnya yang kemudian saya sebutnya sebagai supporter. "Bukan supporter Pak. Kami berdua ikut datang ke sini sebagai saksi. Jadi kami berdua akan memberikan kesaksian atas bully yang dilakukan Put kepadanya." Jelas satu dari dua anak yang mengaku sebagai saksi tersebut.

"Apa sebenarnya yang menjadi keluhanmu terhadap Put sehingga harus disampaikan kepada  Bapak?" Tanya saya kepada anak tersebut. Ia menyampaikan hal itu secara khusus karena ia datang dari arah halaman sekolah ke ruangan dimana saya berada. Namun ketika kami bertemu di koridor depan kantor saya, dengan disertai oleh tiga temanya, yang terdiri dari satu pelaku, yaitu temannya yang melakukan bully kepadanya, serta dua yang lainnya, yang menjadi saksi.                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Lalu kami berdialog seputar yang menjadi laporannya. Dan kemudian saya alihkan pembicaraan kepada Put yang adalah pelaku. Untuk kemudian saya meminta dua teman dari mereka yang memang datang menyertai kedua sahabatan itu untuk menjadi saksi.                     

Dan dari keseluruhan cerita anak-anak peserta didik saya itu, maka kami menyepakati bahwa Put telah melakukan verbal bully kepada teman baiknya sendiri dengan menyebut temannya berpostur tubuh fat pack dan bukan six pack.  Dan peristiwa ini juga dikuatkan oleh dua saksi yang juga adalah sahatan karib mereka berdua. Kami juga menyekakati bahwa bully itu terjadi dan telah membuat persahatan anak-anak itu menjadi tidak begitu baik lagi. Dan untuk itu Put dengan tulus telah memohon permintaan maaf. 

Juga kesepakatan untuk menjadi hubungn baik diantara mereka di dalam pergaulan nanti sehari-harinya dengan tidak menodainya dengan ucapan atau juga perbuatan yang membuat orang lain tersakiti. Semoga.                                                                                                                   
Jakarta, 12-17 Mei 2016.

No comments: