Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

21 Januari 2016

Ini untuk Program KS Selanjutnya

Ini memang komentar yang sungguh saya tidak berharap keluar dari seorang Kepala Sekolah ketika saya menyampaikan sebuah paparan program yang kalau dijalankan dengan konsekuen dan berkelanjutan bisa menjadi salah satu daya saing sekolah. Dan ini membutuhkan semangat transformasi dari semua warga sekolah. Namun Kepala Sekolah-lah yang akan menjadi komandan bagi keberhasilan program yang di pilih untuk menjadi bagian dari keunggulan sekolahnya.

Maka tidak mengherankanlah jika dalam forum dimana saya sedang menyampaikan paparan di hadapan beliau beserta seluruh anggota yang ada di komponen sekolah, beiau menyampaikan komentar yang membuat saya kaget. "Saya perlu tegaskan yang Bapak dan Ibu Guru kalau hari ini kita akan belajar sesuatu yang baru buat kita. Ini menyikapi atas jumlah siswa baru kita yang dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Dan ini nantinya menjadi program bagi Kepala Sekolah yang akan menggantikan saya, yang kasa tugas saya akan berakhir pada Juni 2016."

Dan sebagai keheranan yang tidak terkirakan atas statmen Kepala Sekolah itu, saya menjadi salah tingkah dan sulit menemukan kata atau kalimat berikutnya dalam melanjutkan paparan program yang seharusnya saya uraikan dan jelaskan. Saya tiba-tiba menjadi mati akal.

Saya merasakan kehambaran yang luar biasa dalam menghabiskan waktu paparan saya yang syukurnya hanya setengah hari. Ini  menjadi pengalaman terbaru buat saya dalam sebuah presentasi di pelatihan.

Karena pada umumnya, dalam setiap presentasi atau pelatihan, mayoritas peserta akan begitu antusias dalam menyikapi dan memberikan pernyataan atas apa yang saya sampaikan. Mereka begitu bersemangat untuk memberikan persoalannya dan harapan solusinya kepada saya. Tetapi dengan Kepala Sekolah itu, saya menemukan sebuah sosok yang berbeda sama sekali.

Jakarta, 21 Januari 2016.

Tidak ada komentar: