Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 October 2012

Idul Adha #1; Tebar Hewan Kurban

Salah satu hewan kurban yang ada di sebuah perternak.
Dalam setiap tahun pelaksanaan peringatan Idul Adha di sekolah kami, kami selalu mengadakannya dengan konsep tebar hewan kurban. KOnsep ini senama dengan apa yang diakukan oleh lembaga non profit itu, namun kami telah melaksanakannya sejak tahun 1999 yang lalu. Selain itu, jumlah hewan yang kami tebarpun tak sebanding dengan lembaga nasional tersebut. Tapi setidaknya, kami telah berusaha menyasar saudara-saudara yang mungkin kurang beruntung di saat kerabatnya yang berada di kota-kota sedang melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Sebagaimana yang dilakukan oleh lembaga amal yang ada itu, dimana hewan kurban yang diserahkankan oleh anak-anak peserta didik kami, atau guru, teman sejawat kami,  akan kimi kirim ke daerah-daerah yang kami nilai cocok. Untuk itu, maka pemotongan hewan kurban yang merupakan amanah dari siswa dan atau guru itu akan mengambil lokasi di lebih dari 2 (dua) tempat pada setiap tahunnya. Satu tempat yang oasti berlokasi di sekolahan dengan sasaran mustahik yang ada di sekitarnya. Hewan-hewan kurban yang akan kami potong di sekolah adalah kurban dari para siswa atau Yayasan yang dikirim ke sekolah dalam bentuk hewan kurban. Karena selain para pekurban itu mengirim hewan kurban, ada banyak justru memberikannya dalam bentuk uang tunai.

Sedang tempat pemotingan lainnya,  jauh hari sebelumnya telah kami persiapkan. Biasanya dua atau minimal satu bulan sebelum pelaksanaan kurban itu berlangsung, proses persiapan itu kami jalani. Mereka adalah para pelaksana pada hari H nanti, dan bergantian personelnya di setiap tahunnya.

Salah satu ikhtiar yang menjadi bagian dari persiapan itu, adalah kunjungan ke lokasi tebar hewan kurban. Tidak saja melihat secara langsung kondisi masyarakat yang akan menjadi sasaran saja, tetapi juga bertemu dengan DKM atau aparat desa yang akan menjadi mitra kami dalam penyelenggaraan kurban tersebut. Kepada mereka kami utarakan apa yang menjadi tujuan kami. Juga bagaimana teknis kagiatan itu nantinya. Termasuk juga bagaimana kami harus bertemu dengan peternak hewan kurban, yang relatif dekat dengan tempat pelaksanaan kurban, yang pada hari H nanti dapat menjadi penyedia dari hewan kurban yang diperlukan.


Sesungguhnya, peran  yang kami lakukan dalam kegiatan  itu tidak lebih adalah sebagai fasilitator bagi peserta didik kami, dalam penyaluran hewan kurban. Dan dari kumpulan hewan kurban yang dititipkan para sswa itu untuk disalurkan melalui sekolah, maka kami lakukan dengan cara 'menebar'nya. Dimana untuk Idul Adha tahun 1433 H atau tahun 2012 ini kami pilihkan di empat lokasi.


Lokasi pertama adalah sekolah. Dengan sasaran mustahik yang Ada di lingkungan sekolah serta para penjual kaki lima.  Yang kedua akan ada tim yang berangkat menuju ke sebuah daerah di Subang, dan di Indramayu, Jawa Barat. Serta yang keempat akan ada di sebuah pesantren  di daerah Tuban. Untuk mengurangi biaya operasional, maka kami meminta kepada tean yang kampung halamannya berada di tempat kurban tersebut untuk menjadi operator. Sehingga kepada mereka diwajibkan pulang kampung ke desanya.

Jakarta, 14 Oktober 2012.

No comments: