Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

21 October 2012

Belajar Sejarah dari Puisi

Inilah pengalaman unik kami di sekolah ketika kami, guru-guru dan anak-anak dari SMP sedang belajar tentang sejarah Islam dari Puisi-Puisi Pak Taufik Ismail. "Satu-satunya di Indonesia" begitu kata Pak Taufik Ismail sebelum mangakhiri pembacaan puisi-puisi tentang 'sejarah' para Nabi Allah SWT.

Peristiwa yang merupakan kegiatan reguler sekolah kami ini bertemakan Islamic Historical Week, yang berlangsung pada tanggal 15-19 Oktober 2012. Tetapi bagaimana mulainya, ada teman-teman kami yang adalah guru di unit SMP mengemas, sebagai salah satu kegiatan dari event tersebut adalah, musikalisasi puisi-puisi Pak Taufik Ismail yang bertemakan agama. Dan ternyata banyak sekali puisi-puisi itu. Seperti tentang Nabi Muhammad, Nabi  Ibrahim,  Nabi Daud, Nabi Muha-Harun, dan pasti lebih banyak lagi. Dan seingat saya, ada tak kurang dari 10 puisi yang dibacakan oleh Pak Taufik dengan apiknya di hadapan kami, para guru dan siswa.

Saya berfoto bersama Pak Taufik, dengan 4 jilid buku Pak Taufik; Menghujam ke Langit dan Mengakar ke Bumi.
Musikalisasi puisi yang dimaksud adalah, teman kami yang guru musik, dibantu oleh sahabat-sahabatnya akan memerankan semacam Sam Bimbo dengan menyanyikan puisi yang baru selesai dibacakan oleh Pak Taufik Ismail. 

Guru musik kami, yang memang pintar bermusik dan sekaligus dianugerahi suara yang merdu meski dia adalah Sarjana Sastra, membawakan puisi-puisi yang dibacakan Pak Taufik dengan merdu dan syahdunya. Suasana menjadi sangat kondusif ketika lagu itu berakhir dan Pak Taufik mencoba untuk memberikan penjelasan berkenaan dengan puisi yang selesai dibacakan dan kemudian dinyanyikan.

Kegiatan yang berlangsung ebih kurang dua jam itu terasa berlalu begitu cepat. Menggairahkan. Semoga ini menjadi bagian penting bagi tumbuhnya generasi cinta Nabi Allah Swt di sekolah kami. Amin.

Jakarta, 21 Oktober 2012.

No comments: