Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

23 February 2012

Kandidat Ketua Student Council

Hari-hari ini hingga nanti hari Jumat, 24 Februari 2012, anak-anak akan melakukan prosesi pemilihan ketua OSIS, kalau di sekolah kami disebut sebagai Student Council, baru. Ya, layaknya sebagai pemilihan ketua, anak-anak itu yang terdiri dari enam kandidat atau calon ketua, maing-masing berikhtiar sekuat tenaga untuk mengambil hati teman-temannya agar mendapat suara terbanyak dan terpilih sebagai ketua. Mereka juga merekrut beberapa orang untuk membantunya dalam pemenangannya.

Dan dari enam kandidat yang ada itu, terdapat kandidat laki-laki satu-satunya. Dan anak itulah yang membuat saya kagum. Masih duduk di kelas empat sekolah dasar. Ekstrakurikuler yang diikutinya adalah Tae Kwon Do. Dan tampak sekali kalau dia menikmati itu. Sebagaimana terlihat kehadiran dan properti yang dimilikinya. Rajin latihan dan lengkap peralatan yang selalu disimpannya di sekolah. 

Apa yang menarik dari kandidat ini? Banyak. Misalnya, setiap pulang sekolah pada pekan lalu, ia selalu berada di plasa SD untuk membuat iklan di kertas karton warna putih dengan spidol dan pensilnya. Ia menuliskan namanya besar di tengah atas kertas karton itu. Kemudian memberikan beberapa keterangan sekaligus bujukan mengapa harus memilih dia.

Dan dari tulisan-tulisan itu antara lain adalah kalimat seperti: sodara... sodari... ayo pilih no 6! Atau; Perubahan akan terjadi di sekolah kita... Atau; Teman-teman semua, semoga kalian dilindungi Allah. Amin.

Iklan  yang dia buat dalam kertas karton itu,  bersama dengan lima kandidat lainnya yang semuanya perempuan, yang dipajang di hall sekolah,  setalah saya 'nikmati' semuanya, kandidat no 6 itu memang beda dari yang ada. Sebagaimana kata-kata atau ungkapan  yang telah saya kutip di alenia di atas, kandidat no 6 itu benar-benar khas.

Tapi apakah kesan saya itu akan menjadikannya ia nantinya yang terpilih sebagai kuta student council di sekolah kami? Allahua'lam. Karena kesan yang saya dapatkan mungkin sekali berbeda dengan kesan yang teman-temannya di sekolah sebagai bekal menentukan kandidat mana yang akan dipilihnya. Tetapi meski nantinya kandidat no 6 itu tidak terpilih pun, saya akan selalu tetap mengagumi anak itu. Mandiri dan ketulusan serta kejujurannya (kepolosannya), itu barangkali yang sulit terhapus dalam benak saya.

Jakarta, 23 Februari 2012.

No comments: