Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

02 October 2020

Siswa Menulis

Berikut ini adalah kata pengantar saya untuk tulisan anak-anak, terhadap tugasku membuat laporan mereka tentang dampak Covid-19 dalam kehoidupan masyarakat. Dan ini memang sebatas tugas. Namun demikian sayang jika tulisan-tulisan itu tertumpuk dalam arsip penilaian. Maka atas prakarsa pustakawan sekolah, artikel yang berasal dari tugas peserta didik terhimpun dalam satu dokumen yang kemudian akan menjadi bagian sebagai penghuni perpustakaan sekolah. Dan berikut ini adalah pengantar saya;

Pengantar Pak Agus dalam Kumpulan Hasil Belajar ananda SMP Tentang Corona, Agustus 2020;

 

Dari Pak Agus,

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Puji dan syukur kepada Allah SWT atas karunia iman, sehat dan keberkahan yang telah dilimpahkan kepada kita. Shalawat dan salam untuk nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, semoga kita menjadi bagian dari pengikut setianya. Amin.

 

Alhamdulillah, bahwa saya memperoleh kesempatan untuk membaca karangan-karangan ringan dari siswa SMP tahun 2020 yang bertema Corona, yang menjadi bagian hidup kita di Jakarta, sejak Maret 2020. Yang membuat kita semua harus banyak beraktivitas di dalam rumah, termasuk juga di dalamnmya adalah kegiatan pembelajaran. Ruang kelas dengan semua properti yang ada, teman, suasana kantin pada saat istirahat sekolah, pelajaran olah raga, upacara bendera di halaman sekolah, Bapak atau Ibu Guru ketika mengajar di kelas, dan seluruh denyutnya, berhenti, dan semua beralih secara virtual.

 

Ini semua sebagai implikasi dari Corona, wabah penyakit baru yang penyebarannya sangat cepat. Maka regulasi pemerintah guna mencegah penyebaranya semakin cepat dan meluas, adalah melakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Harapan kita semua semoga pandemi Covid 19 yang melanda seluruh bangsa di dunia ini segera berakhir, yang memungkinkan kita semua kembali beraktivitas normal seperti sedia kala.

 

Dan dalam situasi seperti itulah, Ibu Salma, pustakawan Tugasku, mengumpulkan tulisa-tulisan anak-anak SMP yang bertemakan pandemi ini. Dan dari sinilah saya mendpat kesempatan menikmati tulisa-tulisan itu.

 

Ada tulisan yang memberikan data dampak Virus Corona ini dengan disertai sumber tuisannya, yang berupa kerugian dan akibat buruknya penyakit ini pada seluruh kehidupan manusia. Mulai dari dampak ekonomi, sosial, serta kesetannya. Menyeluruh, detil dan apik. Yang membuat saya berkesimpulan bahwa penulisnya menuliskannya dengan penuh kesungguhan dan tidak sekedar menyelesaikan tugas belajar.

 

Ada pula tulisan dengan tema yang sama, Covid 19, tetapi dalam ragam tulisan fiksi. Ini juga menarik. Selain ini menunjukikan kecenderungan penulisnya yang pandai, ini juga menjadi inspirasi bagi semua kita bahwa, tuisan fiksi berakar antara lain dari fakta-fakta kehidupan yang sama-sama kita alami bersama. Menarik sekali.

 

Dan pendokumentasian dari tulisan dalam buku ini, semoga menjadi kenangan abadi bagi anak-anak, dan juga sebagai ‘peninggalan’ kalian pada saat menuntut ilmu di bangku Sekolah Islam Tugasku. Jadi Pak Agus sampaikan ucapan selamat dan terimakasih.

 

Billahit Taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jakarta, 31 Agustus 2020

 

Agus Listiyono

No comments: