Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

04 October 2020

Bagaimana Pelaksanaannya?

Beberapa kali Bapak atau Ibu Guru atau juga Kepala Sekolah menyampaikan ide tentang suatu kegiatan kap[ada saya dengan maksd mensosialisasi atau sedekar pemberitahuan, baik yang memang tercantum dalam kalender kegiatan sekolah atau tidak, saya hampir selalu menerima program itu. Dan selsalu juga senelum saya menyatakan setuju, maka selalu satu yang menjadi pertanyaan saya ke[ada mereka. Yaitu pertanyaan standar; bagaimana nanti pelaksanaan kegiatan tersebut?

Hanya itu saja yang akan menjadi konsen saya. Karena sesungguhnya saya ingin memastikan bahwa secara operasional sudah guru pikirkan. Sehingga tidak saja kepada konsep kegiatannya, tetapi juga bagaimana operasionalisasi kegiatannya?

Dan dari pertanyaan itulah kami saling bertukar pendapat dan diskusi lebih lanjut mendalam dan luas. Yang kemudian akan melahirkan kajian yang lebih detil dari konsep kegiatan yang semula didesain guru. Termasuk bagaiaman nanti para peserta didiknya kan menjalani kegiatannya. Dari kacamata peserta didik ini, juga nanti kami dan dapat mempertajam kegiatan menjadi lebih menarik, dan yang paling utama, memberikan peluang kepada peserta didik untuk dapat memahami suatu hal secara mendalam dan luas. Serta meninggalkan kesan yang menggembirakan.



Juga pada saat saya bertanya; Apa nanti yang akan dilakukan oleh anak-anak? Apakah anak-anak nanti dapat mengerjakan dengan senang karena tugas yang dilakukan adalah suatu hal yang menantang kompetensinya?

Bagaimana kalau konsep yang Bapak atau Ibu buat nanti bentuk kegiatannya seperti ini? Dengan demikian maka anak-anak dapat melakukan kegiatannya bisa berkolaborasi dengan orang yang ada di rumah? Yang demikian maka yang akan terlibat pembelajaran virtual dengan tema yang Bapak atau Ibu pilih tidak saja peserta didik Bapak atau Ibu, tetapi juga dengan anggota keluarga yang lain?

Dan sebainya, dan sebagainya. Prinsip pertanaan saya memang hanya untuk memastikan bahwa sebuah konsep kegiatan yang dibuat guru, telah mempertimbangkan semua sisi. Sehingga konsep itu tidak hanya sebuah bentuk kegiatan yang sebelum dilaksanakan pun, kita sudah melihat hasilnya akan seperti apa.

Jakarta, 4 Oktober 2020

No comments: