Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

31 October 2020

Menemani Fieldtrip (Virtual)

Awal pekan lalu, tepatnya Senin, 26 Oktober 2020, saya berkesempatan menemani guru mengajar virtual. Kelas yang saya ikuti adalah kelompok TK A. Dan kelas yang saya minta diikutsertakan adalah kelas virtual dalam bentuk laporan secara langsung dari kandang kerbau yang ada di lokasi peternakan, kebun, dan tanaman hias Kuntum Farmfield, yang ada di Tajur, Bogor, Jawa Barat.

Memang, di KB dan TK, pekan terakhir bulan Oktober 2020 diselenggarakan kegiatan fieldtrip secara virtual. Ini, sekali lagi, adalah ide guru-guru hebat di Tugasku dalam membuat layanan edukasi yang bertujuan untuk memberikan rasa dan nuansa berbeda dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Agar ananda yang ada di rumah tetap bahagia dan sekaligus juga memberikan kenangan belajar sesuai tema yang mereka sedang kerjakan. Maka jadilah kegiatan Field trip dilaksanakan secara virtual.

Dimana saya dan guru-guru berada di lokasi fieldtrip yang telah ditentukan. Sebagaimana jatah saya adalah ikut di rombongan trip ke Kuntum, Bogor. Dan khususnya saya sendiri, berada di kandang kerbau yang ada di Kuntum tersebut. Yang ketika pembelajaran berlangsung, saya akan terkoneksi dengan Zoom kelas, untuk kemudian menyampaikan informasi secara langsung  tentang berbagai hal yang harus ananda ketahui tentang kerbau.

Saya mengarahkan kamera saya ke kandang kerbau yang terdiri dari 18 ekor kerbau dewasa dan anakan. Menginformasikan juga apa yang menjadi kebiasaan kerbau ketika berada di kandang, tempat jemur, dan juga ketika harus berendam di dalam air ketika badan mereka kepanasan. Juga ketika para kerbau itu sedang makan.

Apakah saya hanya sendirian di area Kuntum yang menjadi lokasi fieldtrip TKA kali ini? Tidak, seperti apa yang saya sanpaikan di awal, saya hanyalah menemani guru-guru Kelompok TK A, yang ada 4 guru. Jadi sebelum dan setelah saya melaporkan kegiatan kerbau dari kandangnya, ada dua guru yang sedang berada di lokasi atau spot Kuntum yang lain sementara dua guru lagi berada di depan laptop untukmenjadi admin dan sekaligus moderator. 

Sementara anak-anak, tetap berada di rumah mereka masing-masing dengan keluarganya. Mengaspa dengan keluarga? Karena anak-anak telah dikirimi perangkat atau properti fieldtrip yang mereka bisa jadikan sebagai penanda spot trip sebagaimana yang ada di Kuntum. Jadi, ketika saya sedang ada di kandang kerbau, anak-anak juga berada di lokasi di rumahnya yang diberi tanda kandang kerbau. Kerbaunya? Anak-anak bisa menempelkan gambar hewan kerbau di spot yang dipilihnya di lingkungan rumahnya.

Model kegiatan belajar ini agar anak-anak tetap senang menjalani pembelajarannya merki tetap berada di rumah dengan cara daring. Anak-anak juga tetap mendapatkan asupan edukasi baik pada ranah kognitif ataupun psikomotorik dan juga afeksi. Semoga.





Jakarta, 31 Oktober 2020.

No comments: