Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

03 October 2020

Menikmati Pengejawantahan Ide Guru

Ketika pandemi Civid-19 masih melingkupi kehidupan kita, maka seluruh kegiatan pembelajaran normal di sekolah berpindah ke virtual, termasuk diantaranya adalah kegiatan perpisahan untuk peserta didik yang lulus tahun pelajaran 2019/2020. Dan untuk kepentingan itulah berbagai penda[at, masukan, gagasan tentang bagaimana kegiatan itu tetap berlangsung, aman, patuhi protokol kesehatan, dan tentunya membawa kesan yang menyenangkan. Jika memungkinkan tidak terlupakan.

Gagasan untuk menyewa gedung, langsung gugur. Ada pula menyewa koridor pertokoan, yang memungkinkan guru mendapatkan akses untuk penyewaannya meski dengan waktu terbatas dan tertentu, juga gagal. Drive thru? Masih memungkinkan untuk menjadi alternatif pelaksanaan. Dan akhirnya dipilihlah lokasi keren, terbuka, luas, dan dekat dengan lokasi sekolah. Itulah parkiran Jakarta International Equestrian Park yang berada di area Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur.

Dan, di halaman parkir Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur, pada Sabtu tanggal 4 Juli 2020, berlangsunglah kegiatan yang diidamkan oleh peserta didik dan guru, yaitu acara graduation dan penyerahan dokumen kelulusan untuk 50 lulusan terbaik angkatan 15 tahun pelajaran 2019/2020. 

Acara yang luar biasa. Lahir dari ide guru yang juga luar biasa. Dan saya menebutnya sebagai sedikit miring. Tetapi berhasil memberikan kenangan yang mengesankan bagi ananda para lulusan, Bapak dan Ibu Guru, juga bagi para orangtua siswa. Sebuah event yang semoga menjadi kenangan manis untuk semuanya, perpisahan dalam masa pandemi.

Dan sekaligus menjadi hal yang pertama di Indonesia, bahwa awal acara ini, yang berupa seremonial, dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dari kendaraan orangtua masing- masing. Yang kadang untuk berkomunikasinya antara panggung dan para siswa serta orangtua di dalam kendaraan menggunakan bunyi klakson. Kemudian pada saat pemberian dokumen dan plakat kenangan, ananda di perkenankan secara bergilir ke panggung untuk menerimanya dengan tetap menggunakan masker dan jaga jarak.

Alhamdulillah bahwa acara ini menjadi acara yang berlangsung dengan baik dan menggembirakan. Dn berikut adalah link untuk berita kegiatan tersebut yang disiarkan dalam Program Berita i-News TV; https://youtu.be/emBHxC3Q8EU


Ditulis kembali di blog, sebagian dari www.tugasku.sch.id

Jakarta, 3 Oktober 2020.

No comments: