Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

23 May 2018

Menghafal Siswa

Pagi itu, setelah saya merasa cukup keberadaan beberapa guru yang menyambut siswa di halaman sekolah, saya meminta izin kepada teman yang ada di lapangan sekolah untuk berpindah lokasi ke arah pintu masuk Taman Kanak-kanak. Tujuannya tetap sama, yaitu melihat keadaan dan situasi di jalur masuk yang khusus untuk anak-anak yang ada di TK kami. Selain juga beberapa siswa dan staf guru.

Pagi hari menyambut kedatangan siswa bagi saya adalah membuka halaman demi halaman buku. Yang setiap halamannya itu bertahap satu demi satu saya mencoba menghafalkannya. Agar setiap halaman yang ada di buku dalam benak saya itu lebih bermakna bagi perjalanan saya.

Ada beberapa nama berhasil saya rekam dengan baik dan saya lekatkan pada halaman yang tersedia. Bahkan hingga lima, empat, tiga, dua, atau tunggal yang ada di dalam keluarga saya belajar mengingatnya. Ada mereka yang sudah di kelas IX dengan adik di kelas lima. Ada yang di kelas IX dengan adik di kelas VI dan juga kelas Kelompok B. Atau ada kakak yang kembar di kelas VI dan adiknya yang juga kembar. Alhamdulillah.

Dan terus terang, jika ada UKK-nya, atau Ulangannya, maka kemampuan saya untuk dalam mengahafal nama-nama saya yang ada di Kelompok Bermain hingga kelas IX SMP, masih terhitung sedikit. Dan iji menjadi ukuran saya bahwa saya harus lebih bekerja keras keliling ke kelas dan lorong sekolah, termasuk di kantin, agar waktu perjumpaan saya dengan peserta didik saya lebih panjang. Sehingga jumlah siswa yang namanya mampu saya ingat lebih baik.

Jakarta, 22 Mei 2018

No comments: