Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

28 May 2018

Ada yang Mau Ngadem

Beberapa kali saya kedatangan tamu kecil saya. Mereka ada yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau juga yang sudah di bangku SMP. Tamu saya datang bukan untuk kepentingan dinas tentunya. Karena mereka masuk ke ruangan saya tanpa agenda yang harus menjadi bahasan diskusi. Juga tidak pernah formal. Saya juga menerima mereka dengan biasa saja. Meski demikian selalu saya tanya apa kepentingannya. 

Kadang sering juga mereka datang dengan terlebih dulu ngintip ke dalam ruangan. Ini karena tinggi badan mereka yang belum sampai untuk melihat ke dalam ruangan melalui kaca tengah yang memang sengaja untuk melihat. Kadang juga mereka membuka pintu ruangan dan mendapati saya sedang rapat.

"Siapa Pak Agus?" Kata teman rapat saya ketika ada diantara tamu informal saya itu tiba-tiba membuka pintu ruangan.

"Fulan. Apakah ada perlu dengan Pak Agus?" Begitu saya biasa menegur tamu itu ketika pintu ruangan terbuka. Dan tamu itu kembali dia tutup setelah mengetahui bahwa saya sedang ada pertemuan.

"Maaf Pak Agus. Saya pikir Bapak sedang tidak rapat." Begitu keramahan peserta didik saya pada waktu-waktu kerja saya di ruangan. 

"Mengapa anak-anak itu datang ke sini Pak Agus?" Tanya rekan rapat saya keheranan. Saya memahami karena selama ini teman saya bekerja di ranah perkantoran yang mengurusi dokumen. Berbeda dengan saya yang sepanjang hari bertemankan para siswa yang ada di lembaga pendidikan ini.

"Tidak apa-apa. Biasanya mereka ingin menyampaikan sesuatu kepada saya. Sesuatu yang mereka anggap penting. Tetapi lebih seringnya yang mereka inginkan ketika sampai ke ruangan saya adalah ngadem setelah mereka berkeringat main bola di lapangan..." kata saya.

Jakarta, 27 Mei 2018

No comments: