Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

18 May 2018

Jangan Cerita ya Pak

Satu hari sebelum kegiatan perpisahan anak berlangsung, saya kaget mendapat pesan dari seorang peserta didik saya, yang disampaikannya ke saya di halaman sekolah di jam pulang sekolah. Anak tersebut berada di sekumpulan anak-anak yang kompakkan menunggu jemputan mereka masing-masing di lokasi yang saya tahu sekali, baru kali itu mereka menempatinya.

"Bapak, apakah besok Bapak ikutan ke acara kami?" tanyanya kepada saya dengan suara yang seperti biasanya tegas, melengking dan sekaligus lantang. Suara khasnya. Maka tidak salah kalau dia di grup teater selalu pas memerankan karakter yang menjadi bagiannya. Dia selalu mendapat peran yang dominan di pentas teater sekolah. Apakah pentas untuk perlombaan atau dalam pentas sekolah. Percaya dirinya dan suaranya yang selalu berada pada volume yang meyakinkan membuat sutradara akan memilihnya sebagai pemeran kunci.

"Kebetulan Pak Agus mendapat undangan dari ketua panitia, dan sepertinya tidaka ada acara lain yang membuat Pak Agus tidak dapat mengikutinya. Jadi insyaAllah Pak Agus turut hadir di acara kalian nanti."

"Iya Pak. Tapi saya pesan sekali ya Pak Agus... Kalau nanti Bapak memberikan sambutan saya pesan sekali supaya Bapak tidak bercerita. Karena terus terang Pak... Saya bosan mendengar cerita Pak Agus."

"Loh kan asyik kalau Pak Agus bercerita."

"Iya benar enak kan ceritanya tentang sejarah Islam..."

"Saya ngak suka kalau Pak Agus cerita. Pak Agus ngak tahu kalau saya pernah tertidur mendengar cerita Pak Agus..."

Saya tersenyum degan apa yang mereka sampaikan. Khususnya tentang larangan agar saya tidak menyampaikan cerita sebagaimana yang selama ini saya sampaikan kepada mereka. Yaitu cerita apa yang kebetulan saya membaca dari buku. Yang kadang bukunya itu saya bawa untuk kemudian ditengah-tengah bercerita tersebut saya bacakan bagian dari buku yang saya bawa tersebut bagian yang sudah saya tandai.

Yang beberapa diantara anak-anak peserta didik saya memamerkan buku yang baru saja mereka beli setelah melihat buku apa yang saya baca. Tetapi atas usulan anak tersebut,  menjadi masukan buat saya. Mengapa?

Jakarta, 18 Mei 2018.

No comments: