Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

10 August 2015

Rekrut Guru #13; Mengkomunikasikan Potensi

Dari beberapa guru baru yang baru saja kami rekrut, beberapa diantaranya memiliki minat dan kecenderungan yang luar biasa kepada dunia pendidikan yang baru saja digelutinya. Setidaknya ini saya sendiri melihatnya dari tata krama yang ditampilkan di ranah sosial pergaulan kami sehari-hari di sekolah atau ketika saya sendiri melihatnya pada saat di hadapan peserta didiknya di dalam kelas. 

Menggunakan bahasa dan pilihan kata yang apik serta santun di depan kelas ketika anak-anak sedang asyik menyimak dan melakukan kegiatan bersamanya. Dan juga ketika ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak sekedar menggali informasi dari peserta didiknya pada tataran berfikir tingkat rendah. 

Juga cerdas ketika menyampaikan keraguan, tanggapan, masukan, dan juga rasa ketidaksetujuannya. Tetapi tetap tajam dalam mengeksplorasi apa yang menjadi pemikiran dan masukan serta kritik. 

Dan pada kurun waktu tertentu, saya harus menyampaikan kepadanya tentang persepsi dan asumsi saya terhadap apa yang telah dia atau mereka tampilkan selama ini. Saya berharap bila apa yang saya sampaikan tersebut, adalah bentuk dorongan dan komunikasi tentang potensi yang ada di dalam dirinya.

Saya dalam beberapa kata yang saya sampaikan itu, terselip pula harapan terbesar saya kepada dia atau mereka untuk menjadi bagian penting bagi masa depan sekolah kami. Tentunya yang berkaitan sekali dengan apa yang disebut orang banyak sebagai daya saing.

Ya, kalimat yang saya sampaikan lebih kurangnya tentang bagaimana dia atau mereka terus menggali icon dan mercusuar yang tinggi yang menjadi sisi keunggulan bagi sekolah di masa yang akan datang. Ini agar kami tidak tertinggal yang kemudian menjadi ditinggalkan. Karena harus kami sadari bahwa kami adalah lembaga pendidikan swasta yang keberlangsungan hidupnya berangkat dari kekuatan bersaing di sepanjang masa. 

Dan itu, sangat erat sekali hubungannya dengan komponen guru yang berpotensi dan sadar mengembangkan potensi diri yang menjadi anugerah bagi dia atau mereka. Semoga.

Jakarta, 10 Agustus 2015.

No comments: