Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

20 Januari 2015

Kantin Sekolah #3; Hanya Makanan 'Sehat'

Nampaknya, saya harus terus menerus melakukan koordinasi dengan para petugas kantin, atau kepada para pemilik konter kantin di sekolah secara reguler. Selain untuk ikhtiar sekolah agar sesama pengelola dan kami relatif berhubungan dengan baik tanpa sekat, kami dari sekolah juga memiliki misi dalam rangka terus menerus untuk melakukan edukasi dan mengingatkan komitmen dari para pengelola untuk hanya menyediakan makanan yang sehat bagi kebutuhan anak-anak.

Selain itu juga untuk membahas beberapa isu yang saya dengar dari berbagai pihak, termasuk diantaranya dari anak-anak sendiri yang langsung menyampaikan kepada saya makanan atau minuman apa yang dilihat dan dianggapnya tidak 'sehat'. Oleh karena itu, pertemuan reguler tersebut menjadi ajang yang strategis bagi saya sendiri untuk bertemu dan melihat langsung visi dari para pedagang tersebut. Dan itu, menyenangkan.

Dan hal-hal yang kami anggap sehat dari masukan berbagai pihak tersebut, kami akomodasi dalam bentuk surat kesepahaman atau MOU sebagai bagian dari kesepakatan untuk saling menjaga komitmen. Yang di dalamnya antara lain berisi tentang hal yang memang seyogyanya para pedagang penuhi dan juga beberapa hal yag seharusnya mereka hindari. Misalnya tidak menyediakan makanan ber-SMG atau minuman bersoda dan lain sejenisnya.

Namun pada pertengahan jalan, para pedagang tersebut selalu memiliki kreatifitas yang selalu tumbuh. Dan kreatifitas tersebut tidak jarang menjadi materi laporan kepada kami dari berbagai pihak bahwa kantin telah menjajakan makanan yang tidak sehat. Untuk itulah maka kami sering juga memberikan masukan agar teman-teman di kantin menjajakan makanan sehat dan relatif digemari. Utamanya makanan ringan yang banyak menjadi makanan selingan bagi anak-anak ketika jam istirahat pendek. 

Seperti beberapa waktu lalu saya mengusulkan agar ada pengelola kantin yang menjual kue pancong. Namun karena mereka merasa sulit untuk mengolah dan menyediakan kue tersebut, saya kembali mengusulkan agar mereka mengambil kue jadi itu dari padagang dan meminta untung darinya. Alhamdulillah hal itu, meski tidak sering, bisa kami lakukan. Dan penyediaan kue atau makanan ringan tersebut tidak terus menerus. Mengingat hasrat anak-anak terhadap makanan tidak selalu stabil.

Juga misalnya, saya usulkan agar ada diantara mereka yang menyediakan makanan kecil berupa roti kering ringan yang setiap bungkusnya hanya berisi lima keping roti, atau juga kacang bawang. Alhamdulillah, usulan itupun terjadi dan menjadi variasi yang bagus buat anak-anak.

Termasuk ketika saya usulkan agar mereka ada yang menyediakan makanan ala nusantara. Alhamdulillah pula bahwa nasi rawon dan rica-rica dapat menjadi makanan selingan utama yang digemari anak-anak.

Jakarta, 20 Januari 2015.

Tidak ada komentar: