Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

07 Desember 2014

Kinerja #9; Menghargai Kinerja Baik Sekali

Di sekolah saya sebelumnya dalam penentuan kinerja guru dan karyawan, dimana waktu itu kami akan memanggil teman-teman guru untuk diajak diskusi hasil kinerjanya sepanjang tahun pelajaran pada sekitar bulan April atau Mei.  Ini karena sekolah menganut buku anggaran tahun pelajaran. Dan sebagai ending dari hasil.kinerja guru dan karyawan itu akan menjadi dasar bagi lembaga dalam penentuan presentasi kenaikan gajinya.

Sistem tersebut akan memungkinkan teman-teman yang berkinerja Baik Sekali akan mendapatkan hasil presentasi kenaikan gaji yang lebih baik dari yang berkinerja Baik atau Cukup. Dan bila prestasi berkinerja Baik Sekali tersebut dapat terus dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya, maka tidak menutup kemungkinan teman tersebut akan memiliki pendapatan atau gaji yang melampaui temannya yang berkinerja dibawahnya meski temannya itu lebih senior dari padanya. Prinsip inilah yang menjadi bagian penghargaan lembaga kepada mereka yang berkinerja Baik Sekali.

Dan model seperti itulah yang kami jadikan acuan dalam memberikan penghargaan kepada mereka yang berkomitmen dan bersungguh-sungguh menunaikan amanahnya sebagai pendidik atau pegawai di sekolah saya sekarang ini. Hanya bedanya, jika sekolah saya sebelumnya menganut  tahun pelajaran sebagai tahun anggaran, maka sekolah saya yang sekarang tahun anggarannya mengacu kepada tahun buku di perusahaan. Yaitu Januari-Desember.

Untuk itulah maka pada Desember ini menjadi bulan-bulan yang sibuk bagi saya dan juga teman-teman Kepala Sekolah untuk berkomunikasi dengan bawahannya. Dan tugas khusus buat saya adalah merancang sistem kenaikan gaji tersebut.

"Saya boleh melihat besaran gaji teman-teman di unit saya Pak Agus. Ini karena teman-teman yang lebih lama bergabung mempertanyakan gaji orang baru yang melampaui mereka?" Kata salah seorang Kepala Sekolah suatu siang. Dan atas pertanyaan tersebut saya perlihatkan apa yang sedang menjadi rumor di unit kerjanya.

Dan hasilnya? Teman-teman yang bergabung lebih lama itu, besaran gajinya masih berada di 5 teratas.dari gaji teman yang lain yang bergabung belakangan. Hanya memang harus dakui bahwa jika dalam lima tahun kedepan mereka tidak berkinerja Baik Sekali sementara teman yang lain berada selalu berkinerja Baik Sekali, maka implikasinya adalah besaran gaji yang akan relatif sama arau bisa jadi dilompati.

Ini adalah konsekuensi yang kami ambil ketika kenaikan gaji teman-teman berdasarkan kinerja.

Jakarta, 7 Desember 2014.

Tidak ada komentar: