Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

01 Desember 2014

Belajar Menginap #9; Mau makan Pakai Apa?

Dari cerita anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan menginap di rumah penduduk di RW 04, Desa Sidamukti, Kecamatan Pengalengan, Bandung, Jawa Barat, pada pertengahan Nopember 2014 lalu, saya mendapat kisah lain dari mereka tentang tawaran untuk makan dengan lauk apa. Inilah tawaran para induk semang atau host family yang sesungguhnya tidak kami harapkan. Karena program menginap ini dirancang agar supaya anak-anak akmi yang tinggal di kota dengan berbagai fasilitas hidup yang ada di rumahnya masing-masing, dapat merasakan secara sepenuhnya apa adat kebiasaan hingga makan.

Itu jugalah yang yang kami komunikasikan kepada para Bapak dan Ibu orangtua asuh atau host family pa pukul 10.00 di aula PAUD tanggal 18 Nopember 2014, persis tiga jam sebelum anak-anak tiba di lokasi kegiatan. Dimana kami wanti-wanti agar Bapak/Ibu yang menjadi orangtua  asuh itu benar-benar menjadikan kebiasaan mereka sebelum anak-anak bersamanya tetap dijalankan.

"Kami mohon agar kehidupan Bapak/Ibu tidak ada perubahan setibanya anak-anak kami berada di tengah-tengah keluarga Bapak/Ibu." Kata saya kepada mereka disaksikan oleh penggerak masyarakat, Pak Yanto yang juga adalah sekretaris RW dan Pak Haji Ai yang menjadi tokoh masyarakat setempat.

Tetapi dengan apa yang disampaikan anak-anak bahwa mereka mendapat tawaran untuk mekan nasi dengan lauk apa oleh orangtua asuhnya di lokasi Belajar Menginap, membuat saya dan teman-teman memperoleh feedback bahwa para orangtua asuh itu beberapa diantaranya terlalu memanjakan anak angkat mereka.

Dengan begitu, anak-anak masih mendapatkan kesempatan untuk kurang prihatin dalam menjalankan kegiatan sekolah yang bernama Belajar Menginap atau Live In ini. Dan juga, anak-anak menyadari sekali bahwa orangtua asuhnya ternyata memiliki rasa sayang untuk memanjakannya.

Jakarta 1 Desember 2014.

Tidak ada komentar: