Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 Juni 2013

Pentas Seni Sekolah

Hari itu,  Sabtu tanggal 15 Juni 2013, saya harus pontang panting mengunjungi kegiatan akbar untuk semua komunitas sekolah, yang reguler dilaksanakan pada setiap akhir tahunnya. Pontang panting karena secara kebetulan hari ini saya harus datang untuk 2 acara yang relatif sama dari dua sekolah yang menjadi bagian dari amal bakti saya. Acara di Thamrin, Jakarta Pusat, adalah acara yang menjadi bagian penting dan prioritas, yang harus saya kunjungi menjadi acara pertama saya di pagi hingga siang hari. Sedang acara berikutnya, saya harus kejar dalam waktu kurang dari satu jam, dengan jarak yang lebih kurang 12 kilometer.

Alhamdulillah, bahwa dua acara itu saya dapat datangi dengan tuntas. Sejak awal acara dimulai hingga akhir. Semua menjadi pengalaman yang luar biasa untuk sebuah penutup tahun pelajaran.

Meski sesungguhnya ada dua acara untuk dua sekolah yang berbeda tetap menjadi bagian jelek saya. Karena untuk dua acara tersebut saya tidak mungkin lagi hadir. Satu acara akhir tahun di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Dan satunya lagi di Gedung Nyi Ageng Serang di Kuningan, yang juga di Jakarta Selatan. Ini karena dua acara tersebut sama waktunya dengan yang terpaksa saya kalahkan dengan skala prioritas tadi.

Apa yang menarik dari Pentas Akhir Tahun yang saya hadiri di pagi hingga siang itu? Adalah proses kebersamaan! Kebersamaan dalam kerangka membangun sebuah komunitas pembelajar, itulah yang begitu menarik untuk saya buat catatan disini.

Itulah cita-cita kami ketika kami bersama-sama guru berdiskusi bersama tentang bagaimana mengembangkan sebuah kegiatan yang tidak monoton. Sebuah kegiatan yang selalu kami bangun dari statmen; Kita coba sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya?

Dari pernyataan itulah, kami selalu jalani masa depan dengan eksplorasi. Dan sebagai perjalanan eksplorasi, maka disana SOP yang menjadi kesepakatan kami telah kami kibarkan. Dengan semangat eksplorasi itulah kami selalu memperoleh pembelajaran baru yang akan mendatangkan kebahagiaan yang tiada kira. Kebahagiaan atas diperolehnya pengalaman baru yang seolah berujud 'penemuan baru'!

Itulah kebahagiaan dari sebuah proses pembelajaran bersama di arena Pentas Seni sekolah yang reguler kami selenggarakan sebagai penutup tahun pelajaran. Alhamdulillah.

Jakarta, 15-16 Juni 2013.

Tidak ada komentar: