Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

01 Juni 2013

Ada Basar di Cipete

Jumat pagi, 31 Mei 2013, saya meneria pesan elektronik teman untuk kegiatan di sepanjang Jalan Cipete, dan sara agar masuk tempat pertemuan melalui Jalan Gaharu atau Jalan BDN. Tidak lain karena sepanjang hari Sabtu dan Minggu, 1-2 Juni 2013 seluruh jalan Cipete Raya akan digunakan perhelatan warga tahunan dengan tauk Cipete Vaganza. 

Dengan informasi itulah maka saya telah bersiap untuk mengambil jalan memutar, sebelum sampai tujuan pertemuan mingguan. Alhamdulillah semua sesuai dengan rencana rute yang telah saya rancang pada saat saya membaca surat elektronik teman tersebut. Memutar dan menjauh sebelum akhirnya sampai tujuan. 

Mungkin karena tidak ada informasi, maka kegiatan itu cukup memberikan implikasi yang membuat tidak nyaman bagi para pengguna jalan. Itulah pemandangan yang saya lihat sejak saya sampai di daerah itu pada pukul 10.00 hingga saya meninggalkan lokasi pada pukul 14.00. Khususnya di sepanjang jalan tembus yang menuju pada dua jalur jalan sibuk. Di timur adalah Jalan P Antasari, dan di wilayah barat yaitu Jalan Fatmawati. Antri hingga di mulut kedua jalan ramai itu lebih kurang sepanjang 1 kilometer.
Suasana CipeteVaganza pada Sabtu, 1 Juni 2013.
Ketika siang itu saya dan istri menyusuri sebagian dari Jalan raya, di lokasi basar tersebut, saya banyak menemukan produk dagangan, baik makanan, pakaian, atau bahkan jualan kendaraan bermotor, yang pastinya tidak semuanya bernuansa Betawi.

Namun demikian, dari seluruh yang tampak di hadapan kami dan juga yang terdengar di telinga kami, kami benar-benar menemukan atmosfer Betawi. Di beberapa sudut banyak saya menemukan penjual kerak telor yang sepertinya tidak kunjung berhenti mensangrai adonan di penggorengan. Juga suara penyanyi yang melagukan lagu-lagu Betawi di atas panggung yang berada di Taman Gajah, yang posisinya persis disisi Jalan Cipete.

CipeteVaganza ini menjadi lebih terasa nyaman, karena dukungan Restoran-Restoran yang memang sejak lama sepanjang jalan ini sebagai pusat kuliner di daerah Cipete-Cilandak, bahkan Jakarta, yang menutup usahanya. Mungkin inilah praktek toleransi!

Jakarta, 1 Juni 2013.

Tidak ada komentar: