Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 February 2018

Pinjam Pulpen Saya

Beberapa siswa saya, baik yang duduk di SD atau yang di SMP, yang kebetulan menyaksikan saya menggunakan pena saya ketika menulis, maka mereka akan berkomentar yang nadanya adalah keheranan.

"Ballpoint-nya aneh."
"Pulpen-nya lucu."
"Pulpen-nya seperti punya nenek saya Pak Agus."

Dan berbagai macam yang lain. Pendek kata, semua melihat apa yang saya gunakan untuk menulis sehari-hari itu adalah alat tulis aneh.

Bahkan ada di SMP, ketika saya sedang beraktivitas mengajar kelas pagi dengan lima siswa saya, ada seorang diantaranya yang meminjam pulpen saya itu untuk menulis namanya di buku barunya. Dan ketika saya berikan kepadanya ballpoint biru yang ada di tangan saya, dia menunjuk untuk menggunakan pulpen yang ada di kantong saya.

"Kamu nanti kesulitan menggunakan pulpen Pak Agus ini." Kata saya memberikan alasan mengapa bukan pulpen yang di kantong yang saya akan berikan pinjam kepadanya. Tetapi ballpoint yang memang ada di tangan saya.

"Tidak mungkin Pak Agus. Saya akan coba." Kata anak itu. Dan benar saja, ia harus menggerakkan beberapa kali ujung pulpen saya ke atas kertas di  halaman depan bukunya yang baru dengan tidak meninggalkan bekas sedikitpun. Maka teman-teman yang ada di sekitar kami tertawa.

Jakarta, 14 Februari 2018.

No comments: