Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 October 2017

Tentang Rencana Budget

Bersyukur bahwa ketika diberikan amanah disuatu tempat di sebuah lembaga pendidikan yang bernama sekolah, saya sekaligus juga memperoleh pengetahuan tentang bagaimana tentang budget sebuah lembaga. Ini menjadi pengalaman berharga buat saya yang berangkat sebagai seorang guru, yang sejak awalnya tidak ada pengetahuan tentang bagaimana per-budget-an. Sebagai seorang guru, maka sejak awal pendidikan di lembaga pendidikan guru, kuliah di jurusan guru, hingga masuk di dalam sekolah, pengetahuan bagaimana membuat budget, menggunakan budget, hingga membuat laporan dari budget yang telah selesai digunakan, menjadi sesuatu yang gelap.

Bahkan yang lebih sederhana dari itu, tentang standar dari kuitansi pembelajaannya, sama sekali tidak ada pengetahuannya. Maka ketika mendapatkan kesempatan untuk duduk bersama dengan pihak sekolah yang bertanggungjawab tentang keuangan sekolah, benar-benar menjadi anugerah tersendiri buat saya. Seperti merasa salah masuk ruang kuliah. 

Sekarang, setelah beberapa tahun berada dalam ranah budget, sedikit memahami apa yang harus menjadi esensi dari budget itu sendiri dalam perannya di operasional sekolah atau lembaga pendidikan formal. Sebagaimana yang menjadi tanggung jawab saya sekarang ini.

Juga ketika berada di dalam lembaga pendidikan yang berbeda, saya menjadi lebih tahu lagi tentang bagaimana pengelolaan dan sudut pandang masing-masing tentang fakta dari budget lembaga. Itulah yang menjadi rasa syukur saya tentang apa yang selama ini saya alami.

Pengetahuan dan pemahaman tersebut, membawa saya kepada kesadaran akan pentingnya sebuah perencanaan yang detil hingga kepada tahapan operasionalnya, kepada pelaksanaan kegiatan yang benar-benar sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, dan pembuatan laporan yang sahih.

Namun bagaimana pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tersebut saya sampaikan dan alihkan kepada teman-teman saya yang sekarang mereka masih berusia muda dan pada posisi guru di lembaga yang diamanahkan kepada saya tersebut? Inilah yang menjadi proses berikutnya yang sedang berjalan di lingkungan terdekat saya.

Jakarta, 15 Oktober 2017.

No comments: