Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

24 October 2017

Piknik Guru #4; Seru dengan Dana Minim?

Bagaimana menyiasati tabangun piknik untk guru yang terasa ngak nambah-nambah? Dengan kata lain kalau dana yang tersedia pas-pasan? Inilah yang kami alami dengan dana pas saja, tanpa menggunakan EO untuk membantu kita dalam pengurusan piknik, serta tentangnya dengan perencanaan yang semula membludak tetapi pada akhirnya memang harus berangkat juga?

Dua kali kami mengalami hal seperti ini dengan solusi pada akhirnya piknik tetapi harus pergi-pulang dalam satu hari saja. Dana untuk menginap yang semula direncanakan harus gurgur. Piknik untuk mengajak keluarga serta juga pupus. Lokasi piknik yang diinginkan semula juga harus dilupakan. Dan akhirnya desnitasi baru kita sepakati. Moda transportasi yang memungkinkan untuk PP dalam piknik satu hari juga akhirnya diputuskan. 

Meski demikian, pengorbanan juga harus dimintakan kepada semua teman yang bermaksud ikut serta dalam piknik. Paling tidak selain dana yang tersedia juga karena dalam setiap jadwal piknik yang kami telah buat, jam keberangkatan menjadi sangat fleksibel sekali. Kebarangkatan bisa delay satu jam dari jadwal yang telah ada hanya untuk menunggu satu orang, yang orang tersebut rumahnya dengan lokasi berkumpul hanya berjarak kurang dari 1 km! Maka, kereta api menjadi solusi bagi perjalanan piknik satu hari itu. 

Dan persoalan belum selesai di situ. Karena moda kereta api mempunyai jadwal, maka kami memilih jadwal paling pagi untuk keberangkatan menuju lokasi dengan harapan sampai di kota tujuan waktu masih pagi. Kemacetan tidak akan menjadi kendala kami. Dan yang lebih penting adalah kami tidak akan mempunyai jadwal menunggu bagi teman kami yang terlambat datang di stasiun kereta.

Demikian juga untuk jadwal kepulangan kami. Kami pasti memilih jam kepulangan pada jadwal kereta pulang yang paling akhir. Dengan demikian maka kami memiliki waktu yang lumayan banyak untuk aktifitas satu hari piknik di kota tujuan. 

Jakarta, 24 Oktober 2017.

No comments: