Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

23 October 2017

Piknik Guru #2; Memilih Moda Transfortasi

Dalam diskusi dengan panitia pada saat akan memilih moda transportasi yang akan dipakai sehubungan destinasi yang tidak terlalu jauh tetapi juga tidak dapat dikatakan dekat, serta kendala kemacetan yang sudah menjadi kejadian sehari-hari, maka kereta api menjadi pilihan paling arif. Meski jika dengan kereta api berarti akan ada dua mode yang akan kami pergunakan, dan dengan demikian maka berarti bahwa budget untuk transportasi juga menjadi membengkak.

"Kalau kita sewa bus maka harga sewa kita untuk one day trip kita biaya transportasi bisa jauh lebih minim." Kata seorang panitia yang memilih naik bis sejak keberangkatan menuju kota tujuan dan kembali ke rumah. Tetapi pertimbangan ini menjadi mentah ketika kemacetan yang sangat melelahkan dan memakan waktu. Waktu tempuh normal 3 jam maka untuk situasi sekarang paling cepat membutuhkan waktu 6 jam perjalanan. Jika trip-nya satu hari saja, maka dibutuhkan 12 jam hanya untuk.perjalanan. Wah...

Belum lagi jika jam keberangkatan harus delay karena adanya anggota atau peserta trip yang terlambat datang. Yang tidak bisa tidak harus ditunggu oleh peserta trip yang telah berada di dalam bis. Kenyataan inilah yang akhirnya trip kami memilih moda transportasi kereta api untuk menuju kota tujuan lalu disambung bis dari stasiun kereta menuju lokasi wisata. Meski dengan demikian maka biaya yang diperlukan untuk transportasi bertambah tambun.

"Selain kita terhindar macet, sehingga waktu tempuh menuju kota tujuan terprediksi dengan pas, kita juga tidak akan dipusingkan dengan peserta trip yang terlambat datang ke stasiun kereta." Ujar teman panitia yang lain yang sejak awal berkeras untuk menghindari jalur tol yang macetnya super sekali.

Kami sepakati strategi perjalanan itu. Maka 3 jam perjalanan di kereta api itulah yang kami jadikan sebagai momen kebersmaan kami. Tentunya selain di lokasi wisata yang telah kami rancang.


Jakarta, 22 Oktober 2017.

No comments: