Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

18 October 2017

Jadilah Supporter

Suporter, dalam pengertian saya disini adalah seseorang yang dalam konstelasi sosialnya selalu memberikan uluran tangan untuk memberikan bantuan. Baik dalam pemikiran, baik dalam berpendapat, dan dalam bentuk nyata adalah bantuan atau dorongan yang berbentuk tindakan. Suatu bentuk perilaku yang tidak semua person mampu dan mau memberikannya tanpa pamrih. Ini dalam ranah atau tataran konstelasi sosial.

Hal ini jugalah yang saya sampaikan kepada teman-teman yang ada di lapangan, yang berkiprah dalam keterkaitannya saya di lembaga pendidikan formal yang bernama sekolah. Dimana untuk menemukan titik temu dari satu unsur dengan unsur yang lainnya, membutuhkan jalur komunikasi. Dan salah satu salurannya adalah berdialog dalam sebuah farum.

Namun dalam dialog itupun tidak jarang, meski juga tidak berarti sering, ada sedikit kemacetan yang menjadi sumbatan komunikasi, sehingga ada person yang paling berbeda dibanding dengan yang lainnya. Dan sekali lagi, kemunculannya kadag tidak memalui jalur yang telah kami sediakan, tetapi justru melalui jalur khusus, seperti japri!

Dan karena semangat kami sebagai pemangku manajemen, tidak bisa tidak salain visi adalah solusi. Maka dalam semua jalur yang ada atau juga jalur yang tidak menjadi kesepakatan, bendera solusi yang selalu kami kedepankan. Dan solusi juga mengahendaki pengerbanan dari semua pihak.

Termasuk diantaranya ketika ada pihak yang langsung menggunakan bendera pokoknya! Kami akan selalu menerima dan selalu akan mendengar hingga semua yang terdapat dalam ember benar-benar telah menjadi kosong. Dan setelah kosong itulah kami bersiap untuk mengisinya dengan sesuatu yang baru yang bernama solusi.

Maka pada tataran inilah saya dan teman-teman selalu bermimpi jika semua kawan yang ada di dalam lingkungan kami adalah orang-orang yang menjadi supporter. Yang selalu menyampaikan apa yang memang sehrusnya disampaikan sebagai pribadi yang menjadi bagian dari sebuah sistem yang dimasukinya. Semoga!

Jakarta, 18 Oktober 2017.

No comments: