Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

01 June 2009

Forum Pengembangan Diri

Dalam Taklim rutinnya di Al Ikhlas, Bang Debby mengutif pernyataan Ali bin Abu Thalib tentang kemuliaan ilmu dari pada harta dari kitab Al Ihya Ulumuddin Juz I halaman 16. Arti dari pernytaan itu: Ilmu itu lebih baik dari pada harta. Karena ilmu dapat menjagamu, sedangkan engkau menjaga harta. Dan ilmu adalah hakim sedangkan harta akan menerima hukuman. Dan harta akan berkurang jika dibelanjakan, sedangkan ilmu semakin bertambah bila dibelanjakan atau di ajarkan.

Pernyataan itu selain menjelaskan secara esensi betapa mulianya kedudukan ilmu dari pada harta juga mengingatkan kita agar kita tidak menyimpan ilmu yang kita miliki. Tidak menyimpan tersebut dapat dimaknai sebagai membelanjakannya. Yaitu dengan cara menyampaikan kembali kepada teman atau orang yang ada disekeliling kita.

Dalam konstelasi sosial yang lebih spesifik, dimana saya berada, yaitu lembaga sekolah, maka saya mengartikannya sebagai saling membagi pengalaman keberhasilan dan kekurangan kita di dalam kelas kepada anggota komunitas sekolah.

Kesempatan saling berbagi tersebut kami sepakati secara rutin pada setiap hari Jumat seusai Shalat Jumat hingga saat Shalat Ashar. Dan forum itu kami sebut Pengembangan Diri.

Pengalaman keberhasilan, akan memberikan inspirasi kepada yang lain tentang bagaimana cerita itu kita adopsi, kita modifikasi, atau bahkan kita tiru dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas kita. Demikian pula halnya dengan pengalaman kekurangan yang diceriterakan teman, kita mencoba dan berusaha untuk menjadikan bahan diskusi guna menemukan benang merah solusi. Dan dari solusi tersebut, kita cobakan untuk pembelajaran kita. Mungkinkah kekurangan dapat menjadi keberhasilan?

Dan dengan berjalannya waktu, forum Pengembangan diri ini sudah menjadi bagian dari budaya teman-teman yang lain dalam mencari atau menambah atau juga bisa dikatakan sebagai lahan penemuan ide. Forum akan semakin berkualitas manakala pemilik pengalaman (baca: pemilik ilmu) ikhlas dalam membagi atau mengajarkan kepada kita.

Dan jika mengacu kepada pernyataan Imam Ali bin Abu Thalib, sang pembagi tersebut akan menambah perbukitan illmu dan amalnya…

Jakarta Barat, 31 Mei 2009.

1 comment:

Fani said...

Blog yang bagus mas... MAri kita terus tingkatkan ...