Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

29 October 2016

Menemani 'Perubahan' Guru #36; Apa Apresiasi Sekolah Kepada Saya?

"Kalau kekeliruan yang telah saya perbuat ini menjadi bagian penting di mata sekolah, maka apakah sesungguhnya apresiasi sekolah kepada saya selama ini? Bahwa sekolah namanya terangkat karena beberapa prestasi yang saya kontribusikan dengan kegiatan bagus untuk dan atas nama sekolah?" Demikian kata-kata yang keluar dari anak muda, guru saya suatu ketika ketika saya harus menyampaikan konsekuensi yang didapatnya. Agak kecewa saya dengan pernyataan yang begitu ketus. Sebuah pendapat yang sungguh saya sendiri tidak menyangka.

Bagaimana bisa bahwa kekeliruan yang dia telah lakukan harus saya toleransi hanya karena dia selama ini memang berkontribusi positif terhadap sekolah? Ini sebuah kenyataan yang amat sering dilakukan oleh para teman guru di mana saja. Bahkan termasuk diantaranya saya sendiri ketika belum pernah berada pada posisi sebagai pimpinan sekolah.

Dan inilah yang harus menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah untuk tetap mampu memberikan koordinat positif bagi teman-teman guru yang memang membutuhkan informasi atau cara pandang yang lain, dimensi berpikir yang berbeda. Meski logikanya tidak harus selalu dari sisi disiplin!

Banyak jendela disiplin ilmu yang dapat memberikan logika bahwa kalau berjasa maka saya boleh apa saja di sekolah, termasuk diantaranya terlambat masuk kelas atau bahkan tidak masuk sekolah sekalian. Tentu dengan argumentasi bahwa saya sedang berada di luar sekolah untuk dan atas nama sekolah.

Jakarta, 29 Oktober 2016.

No comments: