Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

21 July 2009

Menjadi Representasi

Yang saya maksudkan dengan menjadi representasi adalah menjadi wakil dari teman-teman dalam sebuah kelompok untuk mengambil suatu keputusan di sebuah organisasi. Representasi karena saya menjadi wakil teman-teman, maka suara dan aspirasi teman-teman yang saya wakili menjadi tenggung jawab dan amanah saya. Mengapa saya menjadi represntasi dari teman-teman, mungkin karena saya dianggap komunikatif. Paling tidak pada saat pemilihan sedang berlangsung kala itu. Selebihnya saya sendiri tidak begitu tahu.

Representasi diperlukan karena sebagai bagian dari efektivitas lembaga. Maka jika sebuah sekolah yang terdiri dari 80-an guru dan karyawan, maka tidak diperlukan lagi pengambilan keputusan di sekolah itu dengan menyertakan seluruh guru dan karyawan yang ada.

Dan itulah yang terjadi pada sebuah pengambilan keputusan dalam sebuah institusi atau lembaga atau organisasi, yang antaralain saya menjadi bagian dari representasi teman-teman. Dan tugas berikut sebagai representasi adalah mengkomunikasikan hasil keputusan tersebut kepada teman yang saya wakili.

Namun tidak semua keputusan kolektif tersebut, dapat dipahami secara holistik oleh teman-teman ketika saya mengkomunikasikannya. Meski berbagai argumentasi dan laporan pandangan mata dari proses pengambilan keputusan tersebut telah saya kemukakan. Memang tidak semua teman melihat setiap keputusan yang kami ambil dengan kacamata sepeti itu. Tetapi kadang masih sering saya mengalaminya.

Dan ketika ketidakpahaman itu yang muncul, dan usaha saya untuk terus memberikan memahamkan apa yang harus dijalankan belum juga mendapatkan hasil, saya menjadi teringat teman saya yang lain. Katanya pada saya: Tugas kamu tidak untuk memuaskan atau membuat mereka selalu sepaham denganmu. Jadi jangan pernah patah hati untuk menjadi representasi mereka. Suatu saat nanti mereka akan belajar tentang ini...(?).

Jakarta, 21 Juli 2009.

No comments: