Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

11 September 2017

Tukar Kaos Kaki

Pagi ini saya tergopoh-gopoh untuk naik ke lantai dua sekolah menuju kelas 3 SD. Ya saya sedang berkepentingan untuk memanggil salah satu peserta didik saya yang duduk di bangku kelas tiga atas infomasi dari kakaknya yang duduk di kelas VI, yang pada waktu yang sama sedang menemani adiknya paling kecil di koridor kelas I, di lantai bawah.

"Adik saya minta tukar kaos kaki Pak. Tapi minta tukarnya sama kakaknya yang di kelas III." Kata seorang kakak yang duduk sembari memeluk sang adik yang tidak mau berpisah. Sang adik sesunggukan, menangis. 

"Tapi adik saya tidak mau saya tinggal untuk memanggil kakaknya. Jadi saya bingung." Kata sang kakak dengan tetap memeluk adiknya yang masih menangis.

Beberapa anak kelas I yang kelasnya ada di koridor itu tertarik untuk mendengar apa yang sedang kami percakapkan. Dan sang adik tetap dengan pendiriannya untuk minta tukar kaos kaki dan tetap tidak mau ditinggal kakaknya guna memanggil kakaknya yang satu lagi.

Memang ada empat anak dari keluarga tersebut yang sekolah di sekolah saya pada tahun pelajaran ini. Putra pertama duduk di kelas IX, yang nomor dua di kelas VI yang sekarang sedang membujuk sang adik yang merupakan anak bungsu yang duduk di kelas I. Sedang kakak yang satu lagi yang kaos kakinya diminta adik bungsunya untuk tukar adalah anak ketiga yang ada di kelas III.

"Baik. Pak Agus akan bantu kamu. Memanggilkan kakakmu di kelas III." Kata saya kepada kakak beradik tersebut.

Ketika bertemu dengan anak yang sedang saya cari, segera saya sampaikan apa yang diminta oleh adiknya untuk bertukar kaos kaki dengannya. Apa yang saya kemukakan dan terdengar oleh teman-temannya yang berada di kelas III tersebut menarik perhatian. Maka ketika saya bersama sang kakak keluar kelas menuju koridor kelas I, beberapa teman laki-laki di kelas III ikut serta menuju kelas I.

Alhamdulillah. Ketika kakak beradik itu bertemu di koridor, maka sang adik bungsu segera reda dengan tangisannya. Alhamdulillah. 

Jakarta, 11 September 2017.

No comments: