Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

18 Juni 2015

Rekrut Guru #8; Ada Guru yang Resign

Sebagai bagian dari penjaga gawang di sebuah lembaga pendidikan swasta, ketika ada seorang teman sejawat yang tiba-tiba harus mengundurkan diri dari bagian kita, maka tanggapan saya sendiri adalah sebuah hal yang normal. Karena saya melihatnya bahwa karir seseorang adalah ibarat sebuah perjalanan. Dan sebagai sebuah perjalanan, maka teman yang harus mengundurkan diri tersebut akan menempuh perjalanan berikutnya. Dan benar saja memang, karena sebagian besar teman yang resign tersebut akan menempuh karirnya pada profesi yang sama namun dengan penambahan tugas dari lembaga baru yang menawarinya pekerjaan. Jadi sebuah hal yang menggembirakan.

Di sisi lain, selalu saja muncul beberapa tugas tambahan kepada saya dan juga teman satu kantor yang berkait dengannya. Meski kabar dan keputusan pengunduran diri itu memberikan waktu buat kami untuk melakukan perekrutan, tetapi keputusan dan kenyataan itu selalu saja memberikan kepada kami sedikit waktu untuk membuat keputusan.

Keputusan yang harus segera kami lakukan atas berita tersebut adalah bagaimana kami dengan durasi waktu yang tersisa untuk menemukan kandidat. Dan menemukan kandidat potensial pada tataran sekolah yang selevel kami, adalah sebuah pekerjaan yang tidak dapat dikatakan mudah. Maka rapat atau diskusi persiapan tetap harus kami lakukan bersama dengan para penjaga gawang di unit sekolah yang ada di lembaga kami. Yang kadang hal ii harus pula kami lakukan dengan cara maraton. Tidak lain karena kami terbelenggu dengan tenggat waktu, yang berupa tahun pelajaran. 

Menemukan Kandidat

Sebagai langkah paling awal, kami mencobanya bahu membahu bersama teman dengan menggunakan jejaring sosial di hp pintar kami. Dengan cara ini, kami ingin mencoba menaru perhatian teman kontak kami untuk juga memberikan informasi tentang keberadaan kandidat yang kami sedang buru. 

Walaupun setelah para kandidat itu  berhasil kami jaring dan hadir dalam rangka memenuhi undangan dari kami, tetap saja kegiatan pada tahap ini tidak dapat dipandang enteng. Terutama karena kami menginginkan mereka yang berhasil terjaring adalah mereka yang setara secara potensi dengan sahabat kami yang resign tersebut.

Walau sering pula kami harus mensyukuri jika ada diantara kami yang ingin melanjutkan perjalanan karirnya di lokasi lain dengan cara mengajukan pengunduran diri tersebut. Karena ini berarti kami akan memiliki wajah baru, darah baru, dan harapan baru. Karena sebagai sekolah swasta, kandidat bagus yang kemudian menjadi bagian dari kami juga memberikan warna yang berbeda dari yang sebelumnya. Dan harapan kami tentunya warna yang menjadi harapan orangtua siswa juga. Semoga. 

Jakarta, 2-18 Juni 2015.

Tidak ada komentar: